Pemerintah Kota Dukung Pelaksanaan Green Youth Movement, Kadis DLHK3 Optimis Pengelolaan Lingkungan Lebih Optimal bersama Generasi Muda

Green Youth Movement angkatan kedua segera dimulai

Banda Aceh- Pemerintah Kota (Pemko) Banda Aceh mendukung terciptanya green generation untuk mewujudkan generasi muda peduli lingkungan

Sebagai bentuk aksi nyata, pihaknya melalui Dinas Lingkungan Hidup, Kebersihan dan Keindahan Kota (DLHK3) Banda Aceh mengikuti rapat koordinasi persiapan kegiatan Green Youth Movement (GYM) angkatan kedua secara daring (online).

Agenda yang mengusung konsep Simpul Belajar tersebut diinisiasikan oleh Institute Hijau Indonesia dan bekerja sama dengan Direktorat Jenderal Pengelolaan Sampah, Limbah dan Bahan Beracun Berbahaya (B3) KLHK RI.

Terkait hal tersebut, Kepala DLHK3 Banda Aceh Hamdani Basyah, SH.,M.Si., menyatakan dukungannya terhadap pelaksanaan kegiatan.

“Pemko Banda Aceh melalui DLHK3 sangat mendukung terlaksananya kegiatan Green Youth Movement (GYM) ini ya, selain sebagai wadah bagi para generasi muda dalam mengembangkan pengetahuannya terhadap lingkungan, (pastinya) kegiatan ini juga akan meningkatkan pemahaman dalam penyelesaian masalah lingkungan sekitar ya.” Dukung Hamdani pada Selasa (02/7).

Green Youth Movement (GYM) merupakan program pendidikan dasar gerakan lingkungan hidup yang menyediakan wadah bagi para generasi muda yang bertukar pengetahuan dalam melindungi dan mengelola lingkungan hidup.

Menurut informasi yang berhasil dihimpun oleh tim liputan, kegiatan tersebut melibatkan generasi muda lintas kabupaten/kota di 38 Provinsi Indonesia.

Lebih detailnya, Kepala Bidang Tata Lingkungan Ir. Cut Safarina Yulianti, ST.,MM,MT., mengatakan bahwa pihaknya akan memfasilitasi tiga puluh (30) peserta kegiatan untuk mengikuti serangkaian agenda GYM tersebut secara daring selama sepekan nanti.

“Sebagai bentuk dukungan Pemko Banda Aceh, DLHK3 ditunjuk sebagai fasilitator untuk memfasilitasi peserta kegiatan (30 peserta) dan setiap sarana prasana kegiatan. Sehingga kegiatan ini berlangsung dengan efektif dan optimal.” Tutur Cut Safarina.

Ia juga menginformasikan bahwa agenda terkait terlaksana setiap tahunnya. Angkatan pertama telah selesai, ditandai dengan kegiatan wisuda pelantikan 1.992 Green Ambassador oleh Menteri KLHK RI pada November 2023 lalu. Di tahun 2024 ini merupakan angkatan kedua.

Adapun tujuan utamanya adalah  mengembangkan potensi generasi muda dalam membangun jaringan pengalaman terkait pengelolaan lingkungan, Meningkatkan pemahaman dan pengetahuan tentang isu dan solusi penyelesaian masalah lingkungan serta menjaring Green Ambassador GYM.

Harapannya, akan ada generasi-generasi muda yang menjadi Ambassador Green Youth Movement (GYM) mewakili Kota Banda Aceh dalam meningkatkan kesadaran pengelolaan lingkungan sedari dini.

“Pastinya kita berharap akan ada generasi-generasi muda (Kota Banda Aceh) yang menjadi Ambassador yang dinobatkan oleh KLHK RI. Sehingga dapat menginfluence generasi muda lainnya untuk terus melakukan pengelolaan lingkungan sedari dini secara terus-menerus dan berkelanjutan ya. Ini sesuai dengan komitmen pemerintah kota dan dukungan penuh dari DLHK3 Banda Aceh.” Harapnya menutup perjumpaan. [U].

Visits: 55