Prioritaskan Pembersihan TPS Rukoh, DLHK3 Ajak Warga Pilah dan Kelola Sampah Dengan Tepat

Banda Aceh- Dinas Lingkungan Hidup, Kebersihan dan Keindahan Kota (DLHK3) Banda Aceh melakukan pembersihan rutin tumpukan sampah Tempat Pembuangan Sementara (TPS) di kawasan Desa Rukoh, Kecamatan Syiah Kuala pada Rabu (21/12) pagi tadi.

Kegiatan yang menjadi rutinitas petugas kebersihan ini menjadi salah satu upaya dinas terkait memastikan kondisi lingkungan kota selalu bersih dan tidak terjadi penumpukan sampah yang berlebih yang dapat mempengaruhi keindahan kota.

Hamdani Basyah, SH.,M.Si, selaku Kepala DLHK3 Banda Aceh menuturkan bahwa lokasi diatas menjadi salah satu tempat prioritas yang wajib dibersihkan setiap harinya. Bahkan dalam sehari, pihaknya membagi tiga (3) shift untuk proses pengangkutan sampah.

“Kami rutin lakukan pembersihan di TPS Rukoh ini ya, setiap harinya itu petugas akan menuju ke lokasi sebanyak tiga kali (pagi, siang dan malam) untuk melakukan pembersihan serta pengangkutan tumpukan sampah di TPS.” Tuturnya.

Bahkan ia menambahkan, aksi itu bertujuan untuk meminimalisirkan penumpukan sampah yang membludak. Sehingga warga sekitar pun akan tetap nyaman dan sehat.

“…Lokasi ini (TPS Rukoh) menjadi salah satu lokasi prioritas yang selalu didahului pengangkutan sampahnya ya, sehingga tidak ada penumpukan sampah yang membludak. Mengingat desa Rukoh adalah kawasan perbatasan antara Banda Aceh dan Aceh Besar.” Tambah Hamdani di sela-sela kesibukannya.

Selanjutnya, dalam proses pembersihannya, dinas terkait mengerahkan dua (2) armada kebersihan yang dilengkapi alat container dan truck compact untukmengangkut sampah-sampah yang tertumpuk di TPS.

Hal ini akan memudahkan para pasukan orang untuk menjalankan rutinitas hariannya membersihkan setiap sudut-sudut lingkungan Kota Banda Aceh.

Selain rutin melakukan pembersihan lingkungan, DLHK3 juga terus berupaya memberikan sosialisasi edukasi kepada seluruh masyarakat untuk memastikan sampah-sampah yang dihasilkan dapat dipilah serta dikelola dengan tepat.

Sehingga hal tersebut akan mengurangi penumpukan sampah di Tempat Pemrosesan Akhir (TPA) Kota Banda Aceh.

Menanggapi persoalan itu, Kepala Bidang Kebersihan, Hermansyah, SE.,M.Si. pun menerangkan pihaknya akan terus berupaya memastikan kondisi kota selalu bersih. Dan akan terus melakukan edukasi bekala kepada warga kota.

“Kami selalu memastikan kondisi kota bersih, dan sampah terangkut semua ya.. jika mengalami kendala pada kendaraan pengangkuta, kami akan tetap berupaya untuk bisa menghandle hal tersebut. Untuk, penyampaian sosialisasi kepada masyarakat pun menjadi prioritas kami ya, agar warga kota bisa ikut serta mengelola dan memilah sampah dengan tepat langsung dari sumbernya.” Terang Herman.

Harapannya, akan semakin ramai warga kota maupun di luar Kota Banda Aceh yang menjaga lingkungan. Terutama Kota Banda Aceh. Hal ini sangat penting dilakukan untuk kepentingan bersama di masa yang akan datang. [U].

Visits: 68