Mengabdi Menjaga Bumi, Perwakilan DLHK3 Raih Best Practice Penggiat Proklim tahun 2022

Banda Aceh- Ikut berpartisipasi dalam perlombaan Gerakan Bersama Sadar Iklim (Gerakan) Kampung Berseri Astra (KBA) tahun 2022, perwakilan Dinas Lingkungan Hidup, Kebersihan dan Keindahan Kota (DLHK3) Banda Aceh raih juara 1 pada kategori Best Practice Penggiat Proklim tahun 2022.

Agenda yang telah diselenggarakan oleh oleh PT Astra International Tbk, ini merupakan bentuk dukungan untuk terus mendorong, memotivasi dan mengapresiasi seluruh peserta kelas KBA yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia.

Menurut informasi yang diperoleh oleh tim liputan pada Rabu (14/12), DLHK3 telah tergabung selama satu (1) tahun menjadi peserta kelas Generasi KBA di awal tahun 2022 dan masih aktif hingga saat ini.

Adapun prestasi gemilang yang telah diraih oleh Kepala Bidang Tata Lingkungan, Ir. Cut Safarina Yulianti, ST.,MM,MT. ini ditanggapi langsung oleh Kepala DLHK3 Banda Aceh, Hamdani Basyah, SH.,M.Si. bahwa pihaknya sangat mendukung setiap Aparatur Negeri Sipil (ASN) yang memiliki inovasi dan ide kreatif untuk perkembangan lingkungan kota.

“Kami selalu  memberi dukungan kepada seluruh ASN yang memiliki ide kreatif dalam menciptakan hal-hal baru untuk lingkungan kota ya, apalagi kita ini sebagai Pembina pemerintah ya, jadi dituntut untuk punya inisiatif dalam mengajak dan membina masyarakat untuk selalu peduli dengan kebersihan dan keindahan lingkungan Kota Banda Aceh.” Tuturnya lugas.

Astra International Tbk, menjadi salah satu mitra yang bekerja sama dengan Kementrian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) RI. Dalam hal ini, pihaknya rutin menyelenggarakan perlombaan terkait lingkungan setiap tahunnya.

Untuk berpartisipasi pada agenda itu, DLHK3 Banda Aceh mengirimkan rangkaian essay dengan data yang konkrit terkait aksi mengurangi sampah yang menjadi salah satu indikator Proklim dalam program pengelolaan sampah.

Hal tersebut merupakan aksi nyata yang diimplementasikan oleh dinas terkait dalam menggalakkan Banda Aceh Bebas Sampah 2025 mendatang.

Kompetisi yang berhasil dimenangkan oleh Ir. Cut Safarina Yulianti, ST.,MM,MT. selaku Kepala Bidang Tata Lingkungan tersebut menjadi salah satu prestasinya di bidang lingkungan. Selain mampu berperan aktif sebagai Pembina gampong Proklim, Ia juga mampu menjadi motivator lingkungan dalam menggaungkan pembatasan serta pengelolaan sampah yang tepat di Kota Banda Aceh.

Perlombaan ini telah  berlangsung sejak bulan September hingga Desember 2022 secara daring (online). Untuk setiap pemenang akan difasilitasi uang pembinaan dan sertifikat kegiatan oleh  panitia pelaksana.

Selain itu, DLHK3  juga mengusulkan tiga (3) gampong Proklim untuk menjadi peserta kelas Generasi KBA tahun 2022, diantaranya Gampong Kota Baru, Alue Deah Teungoh dan Peunyerat.

Dalam pencapaiannya ini, Cut Safarina Yulianti menyampaikan harapannya agar semakin banyak gampong-gampong yang tergabung menjadi gampong Proklim yang sadar akan pentingnya kelestarian lingkungan dan pengelolaan sampah sejak dini mengabdi menjaga bumi. [U].

Visits: 28