Ratusan Peserta Ikut Aksi Bakti Sosial Rawat Kebersihan Situs Cagar Budaya

Banda Aceh- Ratusan perserta tergabung dalam aksi sosial gotong royong bersama pembersihan situs sejarah makam para raja-raja di kawasan Punge Blang Cut, Kecamatan Jaya Baru, Kota Banda Aceh pada Jumat (02/12) pagi tadi.

Agenda ini melibatkan Perhubungan Daerah Militer (Hubdam), Satpol PP, PNPB, Para mahasiswapecinta lingkungan serta jajaran LSM lainnya.

Selain sebagai bakti sosial, aksi bersih-bersih ini juga dilaksanakan dalam rangka memperingati HUT Kodam yang ke- 77 di Kota Banda Aceh.

Menanggapi hal diatas, Hamdani Basyah, SH.,M.Si. menyampaikan dukungannya terhadap  pelaksanaan kegiatan cinta lingkungan tersebut. Bahkan pihaknya siap ikut berpartisipasi untuk mengikuti setiap prosesi agenda di lapangan.

“Kami sangat mendukung aksi-aksi gotong royong bersama seperti ini. Selain lingkungan kita semakin bersih dan indah, ianya juga akan menjadi teladan baik untuk masyarakat yang lain dalam meningkatkan kesadaran terhadap kebersihan kota ya.” Terang Hamdani disela-sela kesibukannya.

Selaras dengan pernyataan Kadis, dalam keberlangsungan kegiatan itu, Dinas Lingkungan Hidup, Kebersihan dan Keindahan Kota (DLHK3) Banda Aceh mengerahkan 1 armada yang dilengkapi alat kerja untuk berpartisipasi.

Diantaranya, Mobil pengangkut sampah, Keranjang sampah, Skrup hingga sapu untuk memudahkan para petugas dan masyarakat melakukan gotong royong membersihkan lokasi terkait.

Kepala Bidang Kebersihan, Hermansyah, SE.,M.Si. juga menuturkan bahwa para petugas yang dikerahkan akan ikut membersihkan gulma setiap sudut situs cagar budaya tersebut bersama-sama.

Tak hanya itu, mereka juga melakukan pemangkasan pohon-pohon kayu yang tampak besar dan mulai semrawut agar tampak lebih bersih dan tertata kembali.

“Para petugas kebersihan ikut bersih-bersih di lokasi gotong royong. Selain mengangkut sampah hasil gotong royong, mereka juga ikut membersihkan gulma yang mulai tampak menjulang tinggi. Kemudian juga memangkas pohon-pohon kayu untuk memastikan kondisi sekitar terlihat lebih bersih dan tertata ya.” Jelas Herman lugas.

Harapannya akan semakin banyak event-event yang berkaitan dengan lingkungan. Sehingga dapat memicu tingkat kesadaran masyarakat terhadap kebersihan dan keindahan sekitar. [U].

Visits: 24