Awasi Kebersihan Kota, Pasukan Orange Bersihkan Sampah dan Gulma di Saluran Air

Banda Aceh- Sebagai upaya menjaga dan merawat wajah kota agar selalu bersih dan indah, Dinas Lingkungan Hidup, Kebersihan dan Keindahan Kota (DLHK3) Banda Aceh rutin melakukan pembersihan sampah dan gulma di saluran air kawasan Jalan T. Iskandar, Kecamatan Baiturrahman pada Rabu (30/11) pagi tadi.

Gulma merupakan tanaman liar yang tumbuh di lahan-lahan terbuka dan dapat menjadi sarang hama. Sehingga menimbulkan penyakit dan menghambat kebersihan sekitar.

Hamdani Basyah, SH.,M.Si., Kepala DLHK3 Banda Aceh menyampaikan bahwa, pembersihan rutin sampah dan gulma di saluran induk merupakan rutinitas DLHK3 selain pembersihan dan pengangkutan sampah, penyiraman taman, dan pemeliharaan.

“Kami lakukan pembersihan rutin. Karena khawatir gulma dan sampah menyangkut dan berdampak pada terhambatnya saluran. Dan banyaknya gulma dapat mengganggu keindahan kota,” jelas Hamdani.

Selanjutnya, dalam aksi itu dinas terkait mengerahkan satu (1) armada untuk menuntaskan setiap sampah dan gulma yang tumbuh sembarangan. Tujuannya agar lingkungan sekitar tetap bersih dan tidak semrawut.

Dalam hal ini, Kepala Bidang Kebersihan, Hermansyah, SE.,M.Si., juga menambahkan pihaknya akan terus memastikan setiap sudut kota dibersihkan hingga tuntas.

“Setiap harinya para petugas kebersihan itu menjajaki sudut kota untuk diangkut sampah-sampahnya ya, bahkan kita juga memiliki rute pembersihan saluran induk agar tidak ada sampah dan gulma yang dapat menghambat aliran air disana.” Jelas Herman.

Bahkan ia juga memastikan bahwa petugas kebersihan rutin membersihkannya setiap hari.

Terkait aksi diatas, pihaknya mengajak para masyarakat untuk bersinergi bersama memastikan lingkungan kota selalu terjaga kebersihan dan keindahannya. Sehingga dapat terwujudnya Kota Banda Aceh Bebas Sampah 2025 mendatang. [U].

Visits: 61