DLHK3 Serahkan Sertifikat Program Adiwiyata Tingkat Kota Untuk SDN 29 Banda Aceh

Kadis DLHK3 ajak terapkan berbudaya lingkungan di sekolah

Banda Aceh- Dinas Lingkungan Hidup, Kebersihan dan Keindahan Kota (DLHK3) Banda Aceh menyerahkan penghargaan program Adiwiyata dan Gerakan Peduli dan Berbudaya Lingkungan Hidup di Sekolah (PBLHS) tingkat kota Banda Aceh tahun 2021 kepada Sekolah Dasar Negeri (SDN) 29 Banda Aceh.

Penghargaan yang berupa sertifikat dan Surat Keputusan (SK) ini menjadi bukti keseriusan Pemko Banda Aceh dalam mengimplementasikan sekolah ramah lingkungan di Koetaradja.

Adapun agenda tersebut berlangsung hangat di Aula SDN 29 Banda Aceh yang diikuti oleh seluruh jajaran pengajar dan para siswa di sekolah.

Hingga berita ini diturunkan pada Selasa (08/11), Kepala DLHK3 Banda Aceh, Hamdani Basyah, SH.,M.Si begitu mengapresiasi hal itu, bahkan pihaknya akan terus berusaha mewujudkan komitmen bersama pemerintah dalam menciptakan sekolah-sekolah yang ramah lingkungan dan berperilaku cinta lingkungan.

“Saya sangat mengapresiasi kegiatan ini ya, kita bentuk bersama sekolah-sekolah yang berbudaya lingkungan dan terkoneksi dengan program _green school_. Jadi semakin ramai sekolah di Banda Aceh ini yang warganya merepakan aksi berlingkungan”. Tuturnya.

Dalam penyerahan sertifikat ini, Kepala DLHK3 Banda Aceh melalui Kabid Tata Lingkungan, Ir. Cut Safarina Yulianti, ST.,MM,MT. kepada Kepala Sekolah SDN 29 Banda Aceh, Rohana, S.Pd.,M.Si.

Ia menyebutkan bahwa penyerahan sertifikat penghargaan ini sempat tertunda setahun silam. Karena musibah wabah Covid-19 yang sempat melanda Kota Banda Aceh.

“Sebenarnya sertifikat ini kita berikan setahun yang lalu, karena musibah Covid-19 dan kendala berakktivitas diluar ruangan yang berlebih, maka kita baru serahkan di tahun ini ya” Sebut Cut Safarina.

Menurutnya hal tersebut tidak mengurangi semangat sekolah-sekolah untuk ikut serta dalam program ini. Bahkan pihaknya akan selalu bersedia melakukan verifikasi lapangan jika terdapat sekolah yang mengajukan diri untuk ikut dalam program Adiwiyata dan Gerakan Peduli dan Berbudaya Lingkungan Hidup di Sekolah (PBLHS).

Kemudian, dinas terkait juga terus berupaya melakukan sosialisasi dan monitoring berkala untuk program nasional tersebut. Sehingga semakin ramai sekolah-sekolah di Kota Banda Aceh yang ikut dan tergabung nantinya.

Terakhir, pihaknya menjelaskan  alur pendaftaran instansi pendidikan yang ingin bergabung mengikuti Program Adiwitaya dan Gerakan Peduli dan Berbudaya Lingkungan Hidup di Sekolah (PBLHS) tingkat Kota.

Terkait hal itu, pihak sekolah yang ingin mendaftar dapat mengajukan diri langsung melalui DLHK3 Banda Aceh. Selanjutnya akan di arahkan untuk mnegisi kuesioner tertentu dan melengkapi persyaratan yang diminta. Setelah semua dokumen dikumpulkan dan diserahkan ke dinas terkait, nantinya tim pemantau akan melakukan verifikasi lapangan.

Untuk ikut dalam program tersebut, pihak sekolah hanya perlu meraih 70% nilai dari indikator yang telah ditetapkan. [U].

Visits: 7