Antisipasi Genangan Air, Pasukan Orange Berjibaku Bersihkan Saluran Air

Banda Aceh- Musim hujan menjadi perhatian khusus bagi kita. Terutama persoalan lingkungan. Dalam hal ini, Pasukan orange Dinas Lingkungan Hidup, Kebersihan dan Keindahan Kota (DLHK3) Banda Aceh bergerak cepat mengatasi genangan air di beberapa titik yang terindikasi terjadinya banjir pada Senin (17/10) pagi.

Pembersihan yang melibatkan satu (1) armada tersebut membersihan setiap saluran air (drainase) di jalan protokol diantaranya jalan Syech Muda Wali, jalan Tgk. Abu Lam U dan sebagainya. Guna memastikan terhindar dari genangan air yang dapat membahayakan pengguna jalan maupun merusak keindahan kota.

Kepala DLHK3 Banda Aceh, Hamdani Basyah, SH.,M.Si mengatakan pihaknya bergerak cepat memantau dan menindaklanjuti setiap permasalahan lingkungan yang terjadi di Kota Banda Aceh.

“Semua pasukan orange bekerja keras untuk menunaikan tanggung jawab mereka terhadap lingkungan ya. Jadi kita pastikan lingkungan itu terpantau dan akan segera ditindaklanjuti jika memang terdapat persoalan kebersihan dan keindahan di lingkungan sekitar” Ungkap Hamdani tegas.

Kemudian, disisi lainnya Fungsional Pengendali Dampak Lingkungan Ahli Muda, Dian Adiyanto, ST.,MT. juga menjelaskan adanya genangan air tersebut terjadi karena lubang-lubang inlet di kawasan itu telah tersumbat. Sehingga membuat aliran air ke dalam saluran menjadi ikut terhambat.

“Iyaa (tersumbat). Karena lubang-lubang itu dipenuhi pasir dan sampah-sampah, namun dalam kondisi hujan pun tim kebersihan bergerak cepat membersihkan setiap saluran air agar tidak adanya genangan air yang dapat mengganggu kenyamanan pengguna jalan ya” Jelas Dian kepada tim liputan.

Menurutnya, pembersihan ini rutin dilakukan setiap harinya guna mencegah terjadinya penurunan fungsi drainase. Di tengah kondisi cuaca yang tidak stabil ini, pihak terkait juga akan bekerja lebih ekstra untuk memastikan kenyamanan dan keselamatan warga kotanya.

Terakhir, pihaknya berharap kepada seluruh masyarakat kota untuk dapat berjibaku bersama pemerintah dan setiap stakeholder dalam menjaga dan merawat kebersihan serta keindahan lingkungan untuk ciptakan Kota Banda Aceh Bebas Sampah 2025.[U].

Visits: 19