Peringati WCD 2022 : Dinas Lingkungan Hidup, Kebersihan dan Keindahan Kota Banda Aceh Ingatkan Masyarakat Kelola Sampah dengan Tepat

Banda Aceh- Puluhan peserta melakukan aksi bersih-bersih dalam rangka memperingati World Clean Up Day (WCD) di Desa Alue Deah Glumpang, Kecamatan Meuraxa pada jumat (23/9) pagi tadi.

Aksi yang dikoordinasikan oleh Dinas Lingkungan Hidup, Kebersihan dan Keindahan kota (DLHK3) Banda Aceh ini menjadi agenda rutin setiap tahunnya. Sebagai wujud kepedulian Pemerintah Kota (Pemko) dan masyarakat setempat terhadap lingkungan.

Kepada DLHK3 Banda Aceh, Hamdani Basyah, SH.,M.Si. menyampaikan aksi bersih-bersih ini menjadi momentum bagi setiap individual untuk terus peduli dan peka dengan lingkungan sekitarnya.

“Agenda bersih-bersih dalam memperingati hari WCD 2022 ini sudah rutin kita lakukan setiap tahunnya, dan ini yang kesekian kalinya. Hal itu sebagai wujud kepedulian kita bersama terhadap lingkungan. Memastikan sampah yang kita hasilkan terkelola dengan baik dan tepat” Tuturnya dihadapan puluhan peserta.

Disisi lain, Kepala Bidang Pengelolaan Sampah dan Limbah B3, Asnawi Z, ST.,M.Si. pun mengungkapkan bahwa untuk memastikan keberlanjutan lingkungan yang bersih, indah dan asri itu memerlukan dukungan dari setiap elemen masyarakat, baik itu dari pemerintah maupun warga setempat.

“Jadi, aksi hari ini tidak hanya sampai disini, namun harus terus kita gaungkan untuk ciptakan lingkungan kota yang bersih,asri dan berkelanjutan. Maka dari itu perlunya kesadaran kita semua untuk mencintai lingkungan” Ungkapnya melengkapi.

Tak hanya diikuti oleh masyarakat dan dinas terkait, agenda sosial ini juga dihadiri oleh puluhan peserta dari komunitas peduli lingkungan. Mereka bergerak cepat menyisir setiap sudut lingkungan untuk dibersihkan. Mulai dari sarana umum, pekarangan rumah warga hingga median jalan.

Kemudian, selain melakukan gerakan bersih-bersih lingkungan disepanjang rute yang telah ditentukan, para peserta juga diwajibkan membawa tumbler dan wadah ramah lingkungan guna memastikan pengurangan sampah plastik dalam keberlangsungan acara tersebut.

Hingga kabar ini diberitakan, sampah-sampah yang berhasil dikumpulkan selama aksi bersih-bersih dilaksanakan berjumlah 82,60 Kg. Diantaranya sampah organik 21,30 Kg, Sampah anorganik 34,50 Kg dan sampah residu 26,80 Kg.

Terakhir, dinas terkait memastikan peringatan itu berjalan dengan lancar dan tertib. Serta diakhiri dengan aksi penimbangan sampah yang telah dikumpulkan oleh setiap peserta di masing-masing kelompoknya.[U].

Visits: 24