Antisipasi Musim Hujan, DLHK3 Banda Aceh Lakukan Pembersihan Saluran

Banda Aceh– Pemerintah Kota Banda Aceh melalui Dinas Lingkungan Hidup, Kebersihan dan Keindahan Kota (DLHK3) Banda Aceh melakukan sejumlah langkah antisipatif menghadapi kemungkinan banjir, mulai dari identifikasi pepohonan yang berpotensi tumbang, hingga pembersihan sungai dan saluran terbuka, kamis (7/09) pagi.

Kepala DLHK3 Banda Aceh, Hamdani Basyah, SH.,M.Si. melalui Fungsional Pengendali Dampak Lingkungan Ahli Muda, Dian Adiyanto, ST.,MT. menyampaikan Langkah awal yang kita kerjakan yaitu pembersihan awal baik sampah terapung seperti dibawah gorong-gorong.

“Langkah awal yang kita kerjakan pembersihan salurannya baik itu berupa sampah terapung terus ada kendala yang lain seperti di gorong-gorong  itu ada kayu peranca penyanggah untuk jembatan kecil  itu yang sering terjadi penyumbatan air sehingga tidak mengalir” Ungkapnya

Ia juga menjelaskan lokasi-lokasi tertentu yang menjadi titik fokus pembersihan saluran air dari sampah dan gulma.

“Lokasi yang kita bersihkan tadi adalah jalan utama seperti jalan kawasan blang padang, jl rahmat setia, Lampaseh, T. nyak arif, Lueng Bata dan jalan utama protokol lainnya seputaran kota”  Lanjutnya.

DLHK3 Banda Aceh juga melakukan pengerukan saluran air. Guna menghindari genangan air di bahu jalan saat kondisi hujan melanda kota setempat.

Tidak hanya itu, petugas DLKH3 Banda Aceh pun rutin mengecek kondisi saluran air agar saat hujan dengan intensitas tinggi bisa berjalan lancar. 

Untuk itu, pihaknya menghimbau kepada seluruh masyarakat agar tidak membuang sampah sembarangan. Melakukan pemilihan dan pengemasan sampah sesuai jenisnya. Sebab jika lingkungan tidak terjaga, musim angin kencang dan hujan akan mengakibatkan terjadinya penyumbatan saluran dan banjir.

“Masyarakat jangan lagi buang sampah didalam saluran, kalaupun memang ada sampah alangkah bagusnya dikemas ditaruk disatu tempat yang memang uda tempat untuk pembuangan sampahnya  jadi tidak ada berserakan lagi apalagi sekarang sering angin kencang dan hujan“

Selain pengerukan, lanjutnya, DLHK3 Kota Banda Aceh juga memantau pepohonan yang perlu ditebang untuk menghindari resiko tumbang. [U]

Visits: 3