Volume Sampah Meningkat Pasca Weekend, DLHK3 : Sampahmu adalah Tanggung Jawabmu

Banda Aceh- Persoalan sampah memang tidak ada habisnya, penumpukan yang sering terjadi disetiap akhir pekan menjadi tantangan tersendiri bagi dinas terkait untuk segera mengatasinya dengan cepat dan tepat.

Hingga berita ini diturunkan pada Senin (05/9), Kepala Dinas Lingkungan Hidup, Kebersihan dan Keindahan Kota (DLHK3) Banda Aceh, Hamdani Basyah, SH,M.Si. mengatakan bahwa setiap akhir pekan terjadi penumpukan sampah yang berlebih dibeberapa titik lokasi wisata seperti kawasan Ulee Lheue dan sekitarnya.

Mengingat banyaknya pengunjung dari wisatawan lokal dan mancanegara yang ikut berkunjung ke lokasi tersebut.

“Jadi, kalau sudah weekend itu biasanya volume penumpukan sampah itu berlebih ya, bahkan di beberapa titik lokasi wisata. Seperti di sepanjang jembatan Ulee Lheue hingga Dermaga Pelabuhan dan perbatasan Gampong Jawa.” Tutur Hamdani kepada tim liputan.

Hal ini membuat para tim pasukan orange harus bekerja lebih maksimal di setiap Senin pagi. Guna memastikan kondisi kawasan wisata tersebut tetap bersih dan indah.

Ia juga menambahkan bahwa persoalan seperti ini tidak boleh berlanjut. Pihaknya akan berupaya untuk memberikan edukasi dan sanksi bagi para pengunjung yang kedapatan membuang sampah sembarangan saat menikmati libur akhir pekan.

“Ini menjadi masalah besar jika para masyarakat belum memiliki kesadaran terhadap sampah. Maka dari itu, kami akan terus memberikan edukasi yaa, dan pastinya akan ada sanksi jika kedapatan membuang sampah sembarangan, apalagi jika membuangnya ke laut” Tambahnya tegas.

Disisi lain, Pengendali Dampak Lingkungan Ahli Muda, Dian Adiyanto, ST.,MT pun menjelaskan pihaknya berencana akan menambah wadah buang sampah dibeberapa titik lokasi lainnya untuk memudahkan para pengunjung.

“Ditahun ini kita berencana menambah lagi tong sampah di titik-titik tertentu ya, sebelumnya itu sudah ada penempatan tong sampah yang kita sebarkan sepanjang lokasi dan kini akan ditambah untuk lebih memudahkan para pengunjung membuang sampahnya.” Tuturnya.

Pihaknya berharap para masyarakat maupun wisatawan dapat lebih aware dengan lingkungan sekitarnya.

“Besar harapan kami, masyarakat lebih dekat dan sadar akan pentingnya menjaga kebersihan dan keindahan lingkungan ya, dengan cara memilah, mengelola, mengemas sampah dengan baik dan benar. Karena sampahmu adalah tanggung jawabmu.” Tambah Dian lugas.

Kemudian, pihak dinas terkait pun menghimbau kepada para masyarakat untuk rutin dan disiplin membuang sampah sesusai dengan jadwal yang telah ditentukan. Yakni dalam rentang waktu pukul 06.00 WIB hingga 18.00 WIB. Untuk kemudahan petugas mengangkutnya jangan lupa dilakukan pemilahan dan pengemasan terlebih dahulu. [yu]

Visits: 7