Banda Aceh dilanda Cuaca Buruk, DLHK3 Berjibaku Atasi Pohon Tumbang dan PJU Ambruk

Pasukan Orange Kota Banda Aceh sedang menangani pohon tumbang seputaran kawasan Pelabuhan Ulee Lheue pada Minggu (29/5). Foto : Dok. DLHK3.

Waspada cuaca buruk, 53 pasukan orang dikerahkan

Banda Aceh- Kondisi hujan lebat disertai badai yang terjadi disebahagian besar kawasan Aceh, mengakibatkan banyak pohon tumbang dan kerusakan fasilitas umum yang ada. Pemerintah Kota (Pemko) Banda Aceh melalui  Dinas Lingkungan Hidup, Kebersihan dan Keindahan Kota (DLHK3) Banda Aceh bergerak cepat mengatasi persoalan yang disebabkan cuaca buruk pada Minggu (29/5).

Menurut laporan warga dan pantauan tim dilapangan, terdapat tiga puluh (30) titik lokasi kejadian yang telah ditanggani oleh pasukan orange. Diantaranya dua puluh delapan (28) titik lokasi pohon tumbang dan dua (2) lainnya tiang lampu PJU ambruk di delapan (8) kecamatan diantaranya, Kecamatan Banda Raya, Jaya Baru, Kuta Alam, Kuta Raja, Lueng Bata, Meuraxa, Syiah Kuala dan Ulee Kareng.

Kepala DLHK3 Banda Aceh, Hamdani Basyah, SH. menghimbau kepada para masyarakat agar selalu berhati-hati dan tetap waspada ditengah kondisi cuaca yang kurang stabil.

“Kami akan terus memastikan kondisi lingkungan kota tetap aman, dan tim DLHK3 Banda Aceh akan bergerak cepat tanggani persoalan yang berkaitan dengan lingkungan kota. Untuk itu dihimbau bagi seluruh warga agar stay dirumah dan tetap waspada saat berada diluar rumah. Melihat kondisi cuaca ekstrem (hujan disertai badai)” Himbaunya kepada warga kota.

Hingga berita ini diturunkan, dinas terkait telah mengerahkan lima puluh tiga (53) pasukan orange yang bergerak langsung menuju titik lokasi peristiwa. Bahkan pihaknya akan memastikan setiap lokasi yang terkena dampak cuaca ekstrem itu dibersihkan dengan cepat dan tepat.

Hal serupa juga dijelaskan oleh Kepala Bidang Pengendalian dan Pengelolaan Lingkungan, Heriady Farhas, SE., bahwa pihaknya telah dikerahkan langsung ke lapangan untuk mengatasi persoalan pohon tumbang dan tiang lampu PJU yang ambruk di 30 titik lokasi tersebut.

“Sudah (ditanggani). Kami telah mengerahkan 53 anggota ke masing-masing titik lokasi yang terkena dampak cuaca buruk ya, ada 30 titik lokasi kejadian. Hal ini sebagai wujud respon cepat DLHK3 Banda Aceh menanggapi laporan warga serta pantauan langsung dilapangan”.Jelas Heriady kepada tim liputan.

Pihaknya juga mengerahkan beberapa alat bantu pekerja untuk mempercepat aksi para tim saat dilapangan.

“Untuk membantu para petugas, Kami mengerahkan beberapa alat bantu pekerjaan dilapangan seperti ; 2 unit Skylift, 4 unit Mobil Truck, 2 unit Mobil Pickup L300, 6 unit Mesin Sinso dan 10 parang untuk memotong dahan kayu yang diopeasikan oleh petugas” Tambahnya.

Adapun aksi cepat tanggap yang dilakukan oleh pasukan orange DLHK3 Banda Aceh ini berlangsung sejak pukul 06.30 WIB dan berakhir hingga pukul 21.00 WIB.

Para pasukan orange terus berjibaku mengangkut dan membersihkan lokasi yang tertutup pohon tumbang serta tertimpa tiang lampu PJU yang ambruk. Mereka siap memastikan lingkungan kembali stabil pasca badai melanda.

Memantau kondisi cuaca yang belum terlihat stabil, dinas terkait berharap kepada masyarakat untuk terus berhati-hati saat beraktivitas diluar ruangan dan jika mendapati persoalan mengenai kebersihan serta keindahan yang terganggu dapat langsung menguhubungi Call & WhatsApp Center di 0811-6788-444 atau melalui media sosial official DLHK3 Banda Aceh.[]

Visits: 21