Lakukan Pembinaan Program Sekolah Adiwiyata, DLHK3 Ajak Siswa Terapkan Berbudaya Lingkungan Hidup di Sekolah

Banda Aceh- Dinas Lingkungan Hidup, Kebersihan dan Keindahan Kota (DLHK3) Banda Aceh melakukan sosialisasi dan pembinaan program Sekolah Adiwiyata keempat puluh (40) sekolah yang ada di Kota Banda Aceh.

Aksi merupakan agenda rutin setiap tahunnya oleh dinas terkait berdasarkan Permen LH dan Kehutanan RI Nomor P.52/MENLHK/SETJEN/Kum.1/9/2019 tentang Gerakan Peduli dan Berbudaya Lingkungan Hidup di Sekolah dan Permen LH dan Kehutanan RI nomor P.53/MENLHK/SETJEN/KUM.1/9/2019 tentang Penghargaan Adiwiyata.

Hingga berita ini diturunkan pada Hari ini (19/5), Kepala DLHK3 Banda Aceh, Hamdani Basyah, SH. melalui Kepala Bidang Tata Lingkungan, Cut Safarina Yulianti, ST.,MM,MT. mengatakan tujuan dari Gerakan Peduli dan Berbudaya Lingkungan Hidup di Sekolah (GPBLHS) ini untuk mewujudkan perilaku warga sekolah yang lebih peduli dan berbudaya dalam lingkungan sekolah.

Serta bertanggung jawab dalam upaya pelestarian fungsi lingkungan serta adanya peningkatan lingkungan hidup di sekolah tersebut.

Selanjutnya, dinas terkait juga menetapkan target pelaksaan sosialisasi dan pembinaan program Sekolah Adiwiyata ke empat puluh (40) sekolah diseluruh Kota Banda Aceh dalam kurun waktu setahun dapat tercapai.

Di sisi lain, Koordinator pelaksana kegiatan Adiwiyata, Nursetyati Wahyuningtyas, ST. menjelaskan bahwa terdapat beberapa standar pencapaian Sekolah Adiwiyata yang meliputi perencanaan gerakan Peduli Berbudaya Lingkungan Hidup di Sekolah (PBHLS) mulai dari pelaksanaan dan pemantaaun serta evaluasi.

“Ada ya (standar pencapaiannya). Yaitu berdasarkan ; terdapat Surat Keputusan (SK) tim adiwiyata sekolah, Evaluasi Diri Sekolah (EDS), Rapor Mutu dan RKAS, Identifikasi Potensi Masalah Lingkungan Hidup (IPMLH), Pemantauan GPBLHS dilakukan satu tahun sekali dan hasil pemantauan dan evaluasi menjadi salah satu bahan untuk menyusun EDS.” Jelasnya dengan lugas.

Menciptakan budaya lingkungan hidup menjadi tanggung jawab kita semua. Bagi masyarakat, Instansi Pendidikan hingga Pemerintahan harus bersinergi mewujudkan lingkungan kota yang sehat dan hijau di Kota Banda Aceh.

Dinas terkait pun membuka peluang bagi seluruh sekolah di Kota Banda Aceh yang ingin mengusulkan sekolahnya untuk mengikuti program Sekolah Adiwiyata. Pihaknya menuturkan untuk mengkoordinasikan langsung kepada tim Bidang Tata Lingkungan DLHK3 Banda Aceh.

Harapannya akan semakin banyak sekolah-sekolah yang mengikuti program Sekolah Adiwiyata. Sehingga terciptanya karakter siswa yang cinta lingkungan dan mengimplementasikan nilai-nilai lingkungan hidup di kehidupan sekolahnya. []

Visits: 23