Lakukan Penanaman Pohon Kembali, DLHK3 Himbau Warga untuk Tidak Menebang Pohon Sembarangan

Banda Aceh- Dinas Lingkungan Hidup, Kebersihan dan Keindahan Kota (DLHK3) Banda Aceh melakukan penanaman pohon kembali di sepanjang jalan protokol Daod Beureueh pada Rabu (18/7).

Hal ini berkenaan dengan persoalan penebangan pohon secara ilegal oleh oknum yang tidak bertanggung jawab.

Menanggapi persoalan tersebut, dinas terkait menghimbau kepada warga agar tetap menjaga keseimbangan lingkungan dengan tidak menebang pohon secara sembarangan, karena dapat merusak sumber oksigen serta keindahan lingkungan kota.

Kepala DLHK3 Banda Aceh melalui Kepala Bidang Pengendalian dan Pengelolaan Lingkungan, Heriady Farbas, S.E., mengungkapkan bahwa pihaknya telah memberikan teguran kepada pihak tersebut.

“Untuk persoalan penebangan pohon secara sembarangan ini sudah kita lakukan teguran beberapa kali kepada pihak terkait. namun tidak digubris. Sehingga kami pun mengambil langkah tegas ya. Melakukan koordinasi dengan Satpol dan keuchik serta kecamatan setempat.” Ungkap Heriady lugas.

Menurut keterangan, kasus ini telah ditindaklanjuti oleh DLHK3 dengan penertiban oleh tim Satpol PP dengan menarik line selingkar di lokasi kejadian.

Selanjutnya, DLHK3 Banda Aceh juga bergerak cepat mengatasi hal itu dengan melakukan aksi penanaman pohon kembali dikawasan penebangan liar tadi. Tampak hadir Kepala Seksi Pertamanan, Neldi Jaya Putra, ST. untuk memantau secara langsung proses dilapangan.

Ia mengatakan penanaman kembali pohon itu bertujuan untuk mengantisipasi terjadinya ketidakseimbangan lingkungan dan mengurangi keindahan Kota Banda Aceh.

“Pihak kami bergerak cepat. Melakukan kembali penanaman pohon dilokasi untuk antisipasi ketidakseimbangan lingkungan. selain dapat merusak lingkungan, memotong atau memangkasn pohon secara liar juga dapat merusak keindahan kota kita.” Jelas Neldi lugas kepada tim liputan.

Selain itu, pohon Ketapang Kencana terpilih menjadi pohon yang akan ditanam dilokasi. Karena jenisnya yang dikategorikan sebagai pohon peneduh serta tumbuh dengan cepat. Sehingga akan lebih efektif dan efisien untuk menyeimbangkan kelestarian lingkungan menuju Kota Banda Aceh sebagai kota hijau.

Pihaknya berharap kasus penebangan liar seperti tidak terulang lagi. Bahkan jika terdapat keluhan mengenai lingkungan seperti pohon tumbang atau keinginan pemangkasn pohon untuk dapat berkoordinasi dengan dinas terkait dan tidak bertindak secara sepihak.

“Kami harap kasus seperti ini tidak ada lagi ya, jika ada keluhan tentang lingkungan, pohon tumbang atau ingin melakukan pemangkasan pohon dapat berkoordinasi terlebih dulu dengan DLHK3 Banda Aceh. Dapat menghubungi kami melalui Call & WhatsApp Center di 0811-6788-444 atau melalui media sosial official kami. Sehingga kita dapat menjaga lingkungan bersama-sama. Kesadaran tentang menjaga dan merawat lingkungan itu sangat penting ya”. Tutupnya. []

Visits: 332