DLHK3 Usulkan Tiga Gampong Ini sebagai Kategori Utama di Tingkat Nasional

DLHK3 persiapkan masyarakat lebih aktif dan mandiri dalam pembinaan Program Kampung Iklim (ProkLim)

Banda Aceh-  Dalam rangka mempersiapkan pengusulan Program Kampung Iklim tingkat Nasional tahun 2022, Dinas Lingkungan Hidup, Kebersihan dan Keindahan Kota (DLHK3) Banda Aceh melaksanakan pembinaan secara mandiri berupa pendampingan Program Kampung Iklim (ProKlim) di Gampong Peunyeurat, Kecamatan Banda Raya, Kota Banda Aceh pada Selasa (15/3).

Agenda yang diikuti oleh belasan warga gampong Peunyerat tersebut bertujuan untuk mendampingi masyarakat dalam melakukan pendaftaran melalui Sistem Registri Nasional Pengendalian Perubahan Iklim (SRN PPI), Pengisian lembar isian Program Kampung Iklim beserta kelengkapan dokumen pendukung kegiatan, pengisian spectrum serta dokumen lainnya.

Sehingga masyarakat dapat lebih mandiri dalam melaksanakan pengelolaan lingkungan sekitarnya dengan baik dan tepat.

Kepala DLHK3 Banda Aceh, Hamdani Basyah, SH. yang diwakili oleh Kepala Bidang Tata Lingkungan, Cut Safarina Yulianti, ST.,MM.,MT. mengatakan pihaknya akan mengusulkan tiga (3) gampong Proklim untuk Kategori Utama pada Tahun 2022 ini.

“Di tahun ini kami akan mengusulkan tiga (3) gampong dari 90 gampong yang  ada di Kota Banda Aceh untuk mengikuti Program Kampung Iklim (ProKlim) dalam kategori Utama ya, Jadi ketiganya itu ada gampong Peunyerat, Kecamatan Banda Raya, Gampong Kota Baru, Kecamatan Kuta Alam dan Gampong Alue Deah Teungoh, Kecamatan Meuraxa” Ungkapnya.

Yang mana ditahun sebelumnya (2020) ketiga Gampong tersebut  juga telah meraih predikat sebagai Gampong Pelaksana Proklim Kategori Madya dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan Republik Indonesia (RI).

Kemudian, pembinaan ini ikut dihadiri pula oleh Keuchik beserta aparatur Gampong Peunyerat dan beberapa perwakilan Lembaga Kemasyarakatan gampong yaitu PKK Gampong Peunyeurat .

Nantinya jajaran pemuka dan masyarakat gampong itu akan menjadi kelompok pelaksana pengelolaan lingkungan hidup di Gampong Peunyerat pada usulan Proklim tahun 2022.

Adapun kegiatan pembinaan ini direncanakan akan dilaksanakan selama 6 hari kerja terhitung dari tanggal 15 hingga 24 Maret 2022 di tiga (3) gampong usulan Proklim Kategori Utama Tahun 2022.

Hingga berita ini diturunkan, pihaknya sangat mengapresiasikan antusiasme dari para masyarakat dan aparatur gampong yang ikut serta bersinergi bersama pemerintah setempat mewujudkan Kota Banda Aceh lebih baik lagi ke depannya.

Harapannya keseluruhan  persyaratan pengusulan Gampong Proklim Tahun 2022 dalam kategori Utama ini dapat diselesaikan dengan benar dan tepat serta  terdaftar sesuai batas waktu yang telah ditentukan. []

Visits: 8