Peringati HPSN 2022, DLHK3 Gelar Aksi Peduli Sampah

Banda Aceh – Peringati Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) Tahun 2022, Dinas Lingkungan Hidup Kebersihan dan Keindahan Kota (DLHK3) Banda Aceh menggelar aksi bersih-bersih dan pilah sampah, penanaman pohon dan praktek langsung pengelolaan sampah organik menjadi pupuk kompos di Gampong Alue Deah Teungoh, Kecamatan Meuraxa pada Selasa (22/2/2022).

Kegiatan ini dibuka oleh Kepala DLHK3 Kota Banda Aceh Hamdani, SH yang diwakili oleh Sekretaris DLHK3 Banda Aceh Dody Haikal, S.STP, M.Si dengan peserta aksi terdiri dari kelompok pengelolaan sampah Waste Collecting Point (WCP) binaan DLHK3 Banda Aceh, PKK gampong, perwakilan Kecamatan Meuraxa dan dukungan dari tim DLHK3 Kota Banda Aceh dengan total peserta 110 orang.

Dalam sambutannya, Sekretaris DLHK3 Kota Banda Aceh Dody Haikal mengatakan bahwa persoalan sampah harus menjadi perhatian bersama dalam hal penanganan dan pengelolaannya dengan keterlibatan seluruh komponen masyarakat.

“Harapannya dengan rutin dilakukan kegiatan seperti ini, sampah di Kota Banda Aceh bisa semakin dikelola dengan baik,” kata Dody.

“Dan kegiatan hari ini merupakan salah satu rangkaian kegiatan peringatan HPSN Tahun 2022. Yang puncak kegiatan direncanakan pada Tanggal 10 Maret mendatang,” tambahnya.

Dalam kesempatan yang sama, Keuchik Gampong Alue Deah Teungoh Azri Munaldi, S.E menyambut baik kegiatan ini, dan mengucapkan terima kasih kepada DLHK3 Kota Banda Aceh yang masih mempercayakan gampong ini sebagai kegiatan HPSN di tahun 2022.

Kegiatan berjalan dengan lancar, dimulai dari penanaman pohon oleh Sekretaris DLHK3 didampingi Sekretaris Camat Meuraxa dan Keuchik Gampong Alue Deah Teungoh, bersamaan dengan hal itu, peserta aksi HPSN dibagi menjadi tiga kelompok mengikuti rute yang telah ditentukan untuk aksi bersih-bersih.

Setelah itu, pemilahan sampah dan dilanjutkan dengan demo pengelolaan sampah organik menjadi pupuk kompos dan diakhiri dengan dokumentasi. []