Banda Aceh Raih Penghargaan Bidang Lingkungan

• Wali Kota Raih Nirwasita Tantra Award, Gampong Surien Raih Piagam ProKlim

Banda Aceh – Dua penghargaan di bidang lingkungan diraih Pemko Banda Aceh sekaligus.

Penghargaan pertama adalah Nirwasita Tantra Award 2020. Penghargaan tersebut diberikan kepada Wali Kota Banda Aceh, Aminullah Usman.

Kamis (25/11/2021), Kepala DLHK Banda Aceh, Hamdani Basyah SH mengantarkan langsung penghargaan dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) kepada Walikota Banda Aceh di Gedung Mawardy Nurdin, Balai Kota Banda Aceh.

Penghargaan Nirwasita Tantra Award diberikan kepada Wali Kota Aminullah karena dinilai berhasil dalam merumuskan dan menerapkan program kerja serta kebijakan pembangunan secara berkelanjutan untuk memperbaiki kualitas lingkungan hidup di Kota Gemilang.

Wali Kota Aminullah berharap, penghargaan ini dapat menjadi motivasi bagi Banda Aceh untuk dapat terus menjalankan program-program pengelolaan lingkungan hidup yang lebih optimal.

Penghargaan ini diraih tidak terlepas dari partisipasi masyarakat, stakeholder dan pemerintah yang selama ini saling bersinergi demi terwujudnya Kota Banda Aceh berkelanjutan dan bebas sampah tahun 2025.

Dalam kesempatan ini pula, Banda Aceh juga meraih penghargaan Partisipasi ProKlim dari Ditjen Pengendalian Perubahan Iklim.

Penghargaan ini diserahkan untuk Gampong Surien Kecamatan Meuraxa yang dinilai telah mampu menjalankan Program Kampung Iklim (ProKlim) dengan Kategori Madya.

Hingga tahun 2021, Kota Banda Aceh telah memiliki lima Gampong ProKlim, yaitu Gampong Lambung, Gampong Kota Baru, Gampong Peunyerat, Gampong Alue Deah Teungoh dan Gampong Surien.

Kepala DLHK3 Hamdani Basyah berharap semoga kedepannya semakin banyak gampong-gampong ProKlim di Kota Banda Aceh sebagai upaya bersama dalam mengendalikan perubahan iklim.[]