Lagi ! Kota Banda Aceh Sabet Penghargaan di Bidang Lingkungan Hidup

Banda Aceh – Pemerintah Kota (Pemko) Banda Aceh melalui Dinas Lingkungan Hidup Kebersihan dan Keindahan Kota (DLHK3) Banda Aceh kembali menerima penghargaan dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan Republik Indonesia (KLHK RI) yaitu Nirwasita Tantra Award Tahun 2020 untuk Walikota Banda Aceh atas partisipasinya dalam Penyusunan Dokumen Informasi Kinerja Pengelolaan Lingkungan Hidup Daerah (DIKPLHD) dan Program Kampung Iklim (ProKlim) dengan Kategori Madya kepada Gampong Surien Kecamatan Meuraxa Kota Banda Aceh.

Penyerahan Penghargaan ini berlangsung di Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan Aceh, Selasa (23/11). Penghargaan diserahkan oleh Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan Aceh yang yang diwakili oleh Sekeretaris Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan Aceh, Ir. Anizar, M.P. kepada Kepala DLHK3  Banda Aceh, Hamdani Basyah, SH. melalui Kepala Bidang Tata Lingkungan DLHK3 Banda Aceh, Cur Safarina Yulianti, S.T.,M.M.,M.T.

Acara ini juga dihadiri oleh Perwakilan Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten/Kota se-Aceh penerima penghargaan.

Kepala DLHK3 Banda Aceh menyebutkan bahwa Penghargaan Nirwasita Tantra Award 2020 ini adalah salah satu bentuk prestasi Walikota Banda Aceh yang telah berhasil menyusun Dokumen Informasi Kinerja Pengelolaan Lingkungan Hidup Daerah (DIKPLHD) berdasarkan kondisi dan upaya-upaya pengelolaan lingkungan yang telah Kota Banda Aceh lakukan. Konsistensi Walikota dalam merumuskan dan menerapkan kebijakan sesuai prinsip metodologi pembangunan berkelanjutan sangat berperan penting sehingga mampu memperbaiki kualitas lingkungan hidup daerahnya.

“DIKPLH Tahun 2020 lalu, kami mengangkat isu strategis Kota Banda Aceh yaitu kualitas air, kualitas udara, dan tata guna lahan. serta bagaimana strategis dan inovasi yang dilakukan Kota Banda Aceh dalam menghadapi isu tersebut” Tuturnya.

Selain itu, dalam kesempatan ini Kota Banda Aceh, khususnya Gampong Surien Kecamatan Meuraxa  menerima penghargaan sebagai Gampong yang telah melaksanakan Program Kampung Iklim (ProKlim) dengan Kategori Madya.

“Untuk tahun 2021, Kota Banda Aceh telah memiliki 5 (lima) Gampong ProKlim yaitu Gampong Lambung, Gampong Kota Baru, Gampong Peunyerat, Gampong Alue Deah Teungoh dan sekarang bertambah dengan Gampong Surien, semoga kedepannya semakin banyak gampong-gampong ProKlim di Kota Banda Aceh” sambungnya.

Penghargaan ini merupakan sebuah apresiasi untuk menyemangati Kota Banda Aceh agar terus memperbaiki dan mengelola lingkungan hidup daerah. Sinergisitas Pemerintah, Stakeholder dan masyarakat sangat dibutuhkan demi terwujudnya Kota Banda Aceh berkelanjutan dan bebas sampah tahun 2025.[]

Visits: 17