Pasukan Orange Terima Zakat dari Baitul Mal

Untuk Ringankan Kebutuhan Puasa dan Lebaran

Banda Aceh – Sebanyak 636 orang Pekerja Harian Lepas (PHL) di lingkungan Pemerintah Kota Banda Aceh menerima zakat senif miskin dari Baitul Mal Kota Banda Aceh.

Zakat tersebut diserahkan Wali Kota Banda Aceh, Aminullah Usman secara simbolis, Senin (10/5/2021) di halaman DLHK3 Banda Aceh.

Mayoritas penerima zakat, yakni 616 orang di antaranya merupakan “Pasukan Orange” Dinas Lingkungan Hidup Kebersihan dan Keindahan Kota (DLHK3), sisanya dari Dinas PUPR.

Dalam sambutannya, Wali Kota Aminullah mengapresiasi baitul mal yang kembali menyalurkan zakat bagi yang berhak. “Kali ini bagi para petugas kebersihan kota dan PHL Dinas PUPR, yang masing-masing menerima zakat sebesar Rp 600 ribu,” katanya.

Ia pun berharap, zakat tersebut dapat bermanfaat dan meringankan beban para “pahlawan kebersihan kota” dalam menjalankan ibadah puasa dan juga menyambut lebaran. “Doakan juga agar semakin banyak zakat yang terhimpun melalui baitul mal, sehingga semakin banyak masyarakat yang bisa dibantu.”

Secara khusus, wali kota menyampaikan terima kasih kepada Pasukan Orange yang telah berkerja tak kenal lelah, walau dalam Ramadan. “Alhamdulillah, berkat kerja keras dan ikhlas saudara semua, Kota Banda Aceh tetap indah, bersih, dan sehat. Semoga kondisi ini dapat terus dipertahankan pada masa mendatang,” ujarnya.

Di tempat yang sama, Plh Kepala Baitul Mal Banda Aceh Muzakkir Hanka, mengatakan, sebelumnya dalam tahun ini, pihaknya telah menyalurkan zakat bagi 600 fakir uzur hingga beasiswa bagi para santri. “Dan hari ini kita salurkan zakat senif miskin bagi 636 PHL, dan juga nanti ada beasiswa bagi mahasiswa Politeknik Banda Aceh,” katanya.

Turut hadir pada acara tersebut mendampingi wali kota dan ikut menyalurkan zakat secara simbolis kepada penerima, antara lain Kepala DLHK3 Banda Aceh Hamdani Basyah, Komisioner Baitul Mal Aisyah M Ali, Kepala Sekretariat Baitul Mal Wahyudi, dan Sekretaris DLHK3 Banda Aceh Dody Haikal.[]