DLHK3 Kerahkan Petugas Bersihkan Sampah Apung di Pelabuhan Lampulo

Banda Aceh – Sedikitnya 20 petugas kebersihan Dinas Lingkungan Hidup, Kebersihan dan Keindahan Kota (DLHK3) Banda Aceh dikerahkan membersihkan sampah apung di Pelabuhan Perikanan Samudera Lampulo, Kamis (29/10/2020).

Kepala DLHK3, Hamdani Basyah mengatakan kegiatan pembersihan berawal dari laporan masyarakat yang diterima pihaknya, dimana sampah apung sudah mulai menumpuk di pelabuhan ikan tersebut.

DLHK3 kemudian merespon cepat dan menurunkan 20 petugas ke lokasi.

Ke 20 petugas tersebut langsung turun dan berusaha mengangkat sampah-sampah tersebut untuk kemudian di angkut ke Tempat Pemrosesan Akhir (TPA) dengan menggunakan sejumlah unit armada.

Kasie Kebersihan DLHK3 Banda Aceh, Dian Adiyanto yang ikut turun ke lokasi mengatakan sampah-sampah tersebut terdiri dari sampah plastik, mayoritas bekas botol minuman dan sejenisnya.

Katanya, membersihkan sampah apung tersebut membutuhkan waktu hingga tiga hari kedepan.

“Tidak cukup sehari, kami perkirakan baru selesai hingga tiga hari. Karenanya besok kami akan turunkan 30 petugas lagi,” ungkap Dian Adiyanto. Kepada seluruh lapisan masyarakat kota, ia mengimbau agar dapat menjaga kebersihan dengan tidak membuang sampah sembarangan, apalagi membuang ke sungai atau laut akan merusak ekosistem.

“Mari sama-sama kita jaga kebersihan pantai dan laut agar ekosistemnya tidak rusak hingga bisa diwariskan ke generasi berikutnya,” ajak Dian Adiyanto.[]