Tak Kenal Libur, Petugas Kebersihan Sigap Bersihkan Kota

Banda Aceh – Kebersihan Banda Aceh tetap dijaga di tengah libur Idul Adha 1441 H. Sejumlah lokasi, seperti area publik, jalan-jalan protokol dan rumah ibadah terus mendapat perhatian pihak Dinas Lingkungan Hidup, Keindahan dan Kebersihan Kota (DLHK3) Banda Aceh.

DLHK3 tetap menempatkan petugas kebersihan untuk menangani sampah, mereka tetap bekerja saat warga kota menikmati liburan hari raya.

Kepala DLHK3, Hamdani memang terus meminta ‘Pasukan Orange’ siaga, baik sebelum hari raya maupun usai shalat Idul Adha.

“Biasanya, usai pelaksanaan shalat ied, ada sampah yang tersisa, seperti lembaran-lembaran kertas yang digunakan untuk alas shalat. Begitu juga sampah lain yang ditimbulkan dari pedagang yang menjamur di hari raya. Ini langsung kita bersihkan,” kata Hamdani, usai pelaksanaan shalat Idul Adha 1441 H, Jumat (31/7/2020).

Sampah-sampah yang telah dikumpulkan langsung di angkut ke TPA dengan menggunakan truk milik DLHK3 Banda Aceh.

Sebelumnya, menjelang Idul Adha, Kepala DLHK3 memimpin langsung apel yang diikuti 150 petugas kebersihan.

Mereka mulai beraktifitas sejak bakda magrib hingga pagi hari untuk memastikan ‘Kota Gemilang’ bersih indah dan nyaman menyambut hari raya kurban.

Tidak hanya kepada petugas, Hamdani juga mengimbau masyarakat kota ikut bersama-sama menjaga kebersihan kota. Karena kebersihan Banda Aceh merupakan tanggungjawab bersama, bukan hanya tugas petugas kebersihan saja.

Kata Hamdani, partisipasi masyarakat menjadi bagian penting, karena Banda Aceh merupakan kota tujuan wisata yang kebersihannya harus terus dijaga setiap saat.[]