Petugas DLHK3 Gotong Royong Bersihkan Pantai Gampong Jawa

Banda Aceh – Pantai Gampong Jawa Kecamatan Kutaraja, Banda Aceh saat ini terus berkembang sebagai salah-satu destinasi wisata. Saban hari, pantai yang berdekatan dengan Ulee Lheue ini ramai dikunjungi, baik oleh wisatawan lokal maupun wisatawan nusantara.

Jumlah kunjungan bertambah drastis ketika akhir pekan. Banyak warga menghabiskan waktu bersama keluarga di hari Sabtu dan Minggu di pantai ini.

Ramainya orang berkunjung ke pantai ini kemudian memiliki dampak lain, yakni produksi sampah meningkat di sepanjang pantai. Selain dari sampah laut, juga sampah pengunjung dan sampah para pedagang yang berjualan di sekitar Pantai Gampong Jawa.

Kondisi ini menjadi perhatian Pemko Banda Aceh melalui Dinas Lingkungan Hidup, Keindahan dan Kebersihan Kota (DLHK3).

Agar sampah di Pantai Gampong Jawa tertangani dengan baik, DLHK3 melakukan berbagai strategi. Selain rutin mengirim petugas mengambil sampah di tong-tong yang telah disediakan di lokasi, DLHK3 juga menjalankan program gotong-royong. Seperti yang dilakukan DLHK3 pada Jumat (10/7/2020) lalu.

Kepala DLHK3 melalui Kasie Kebersihan, Dian Adiyanto mengakatan sebanyak 30 ‘Pasukan Orange’ diturunkan ke lokasi dan menyisir sepanjang pantai. Sampah-sampah, baik sampah laut maupun sampah plastik dikutip.

Gotong-royong itu dilakukan mulai pukul 08..00 Wib hingga pukul 11.00 Wib. Jumlah sampah yang dikumpulkan mencapai 1 truk dan kemudian di angkut ke TPA.

Setelah di Pantai Gampong Jawa, aksi serupa juga dilakukan di Pantai Syiah Kuala.

“Harapan kita, kebersihan pantai tetap terjaga agar pengunjung merasa nyaman,” ujarnya.

Ia juga berharap, masyarakat dalam melaksanakan aktifitas agar dapat berpartisipasi menjaga kebersihan dengan cara membuang sampah pada tempat yang telah disediakan agar Banda Aceh tetap bersih.

“Mari budayakan gotong royong dan bersih-bersih di sekitar lingkungan kita, agar lingkungan menjadi sehat, bebas dari sampah,” ajaknya.

“Jika ada yang ingin bergotong royong, penyediaan plastik sampah dapat diakomodir oleh DLHK3, silahkan hubungi call center DLHK3 08116788444,” tutupnya.[]