DLHK3 Banda Aceh Dukung Aksi Peduli Lingkungan Komunitas Sahabat Hijau (SAHI)

SAHI Ajak Kolaborasi Komunitas Pegiat Lingkungan untuk Penghijauan

Banda Aceh- Mewujudkan Kota Banda Aceh yang bersih, indah dan asri mengharuskan setiap elemen masyarakat dan pemerintah untuk saling bekerja sama dalam menjaga lingkungannya. Mulai dari menjaga kebersihan sekitar hingga ikut serta dalam kegiatan penghijauan lingkungan menjadi salah-satu alternatif terbaik yang harus dilakukan untuk mempersiapkan masa depan.

Seperti pantauan tim DLHK3 Banda Aceh, Sabtu (25/07/2020) puluhan relawan pecinta lingkungan melakukan aksi penanaman pohon di sepanjang pesisir pantai kawasan Ulee Lheue, Kecamatan Meuraxa, Kota Banda Aceh.

Tiga Puluh (30) batang pohon berjenis Ketapang Kencana di tanam sepanjang pesisir pantai tersebut sejak pukul 08.00 WIB dan diikuti oleh 30 orang peserta aksi dari berbagai komunitas pegiat lingkungan.

Untuk bibit pohon Ketapang Kencana ini diperoleh dari PDASHL KLHK.

Kegiatan ini merupakan inisiasi utama dari Komunitas Sahabat Hijau (SAHI) yang juga bekerja sama dengan Dinas Lingkungan Hidup, Kebersihan dan Keindahan Kota (DLHK3) Banda Aceh sebagai upaya menjaga lingkungan dan mewujudkan Kota Banda Aceh yang bersih, indah serta hijau lingkungannya.

Tak sendiri, komunitas SAHI juga berkolaborasi dengan beberapa komunitas lingkungan lainnya yang ada di Kota Banda Aceh seperti Himpunan Mahasiswa Geografi (Himageo), Duta Pemuda Peduli Lingkungan Asri dan Bersih (Pepelingasih), Duta Lingkungan (DuLing) dan Duta Aksi Global.

Cut Della, panitia kegiatan saat diwawancari mengatakan aksi go green seperti ini telah menjadi kegiatan rutin yang dilakukan komunitas SAHI dan menjadi agenda penting dalam proker komunitas setiap tahunnya.

“Kegiatan tanam-menanam ini memang menjadi salah satu kegiatan rutin komunitas Sahabat Hijau (SAHI), bahkan kita juga barengi dengan aksi Less Waste Event (LWE) bersih-bersih kawasan pesisir pantai ya. Kalau LWE itu setiap tahun ada sekitar 24 kegiatan dan minimal kita lakukan 2 kali dalam sebulan” Ungkap Della.

Kegiatan yang berhasil di dokumentasikan pekan lalu tersebut, tak hanya lakukan aksi menanam pohon Ketapang Kencana, tapi juga melakukan aksi Less Waste Event (LWE) di sepanjang pesisir pantai Ulee Lheue guna memastikan kawasan wisata pantai semakin bersih dan nyaman untuk dikunjungi.

“Penanaman pohon ketapang kencana, dalam rangka menuju kota green ya dalam aksi menanam dan Less Waste Event (LWE) untuk aksi go bersih juga.” Tambahnya.

Dalam aksi peduli lingkungan tersebut, pihak DLHK3 Banda Aceh mendukung penuh setiap komunitas lingkungan yang melakukan aksi positif terhadap perkambangan serta perawatan lingkungan sekitar. Sehingga dalam kegiatan ini DLHK3 Banda Aceh juga ikut serta memfasilitasi para peserta kegiatan dengan menyediakan kantong sampah plastik pilah, melakukan penggalian lubang taman dan penyiraman tanaman hingga menyediakan snack untuk para peserta.

Kemudian, menanggapi pertanyaan peserta mengenai pengadaan aksi lingkungan di tengah masa pandemi yang belum berakhir, pihak panitia juga menanggapi bahwa kegiatan tersebut diadakan setelah adanya persetujuan dari pihak Polisi Sektor (Polsek) wilayah Ulee Lheue.

“Adanya aksi penghijauan dan pembersihan lingkungan hari ini sudah di setujui oleh Polsek setempat dan kita juga menerapkan protokoler kesehatan yang berlaku untuk semua peserta” Pungkas Risna disela-sela wawancara.[Ayu]