Strategi Adaptasi Gampong Proklim Lambung Tangani Covid-19

Rutin Gotong-royong Jaga Lingkungan

Banda Aceh- Kasus covid-19 yang terus bertambah setiap harinya, berdampak terhadap aktivitas dan kegiatan masyarakat di Kota Banda Aceh.

Banyaknya batasan terhadap berkegiatan di luar ruangan dan berinteraksi secara langsung membuat proses aktivitas harian banyak yang berjalan kurang efisien.

Pemberlakuan metode “New Normal” dengan protokol kesehatan ketat yang telah diberlakukan harus diterapkan dengan baik dan tepat, jika tidak penambahan angka kasus ini tidak dapat dielakkan. Karena itu, perlunya peran aktif dari masyarakat setempat dan kebijakan cepat dari pemerintah agar kasus ini dapat segera terselesaikan.

Karantina mandiri dan ‘Kunci Gampong’ menjadi salah-satu alternatif cara masyarakat memutus mata rantai penyebaran covid-19. Gampong Lambung sebagai salah satu Gampong Proklim Kota Banda Aceh binaan DLHK3 telah melakukan strategi ini.

Pihak gampong setempat telah melakukan metode “kunci” gampong dan berbagai aksi adaptasi penanganan corona melalui penjagaan ketahanan pangan masyarakat, gotong royong massal hingga desinfektan gampong dan kendaraan yang masuk.

Kepala DLHK3 melalui Kepala Bidang Tata Lingkungan, Cut Safarina Yulianti ST MM MT, Senin (13/7/2020) mengatakan program ini diharapkan ini mampu mengurangi penambahan kasus covid 19 dan masyarakat dapat bertahan “dirumah saja” sebelum masa pandemi berakhir.

Gotong-royong rutin membersihkan lingkungan sekitar dilakukan oleh pihak gampong tersebut menjadi salah satu upaya yang harus dicontoh oleh gampong lainnya dalam upaya menjaga kesehatan diri dan keluarga dimasa pandemi ini.

Tak hanya dapat menyehatkan dan meningkatkan ketahanan tubuh, membersihkan lingkungan dengan cara bergotong royong juga dapat menciptakan kekompakan dengan masyarakat gampong sekitar dan memberikan kenyamanan saat berada di lingkungan hidup yang ditinggali.

Terakhir Dinas Lingkungan Hidup, Kebersihan dan Keindahan Kota (DLHK3) Banda Aceh juga selalu mengajak masyarakat agar rutin lakukan gotong royong dan semakin meningkatkan kesadaran untuk selalu menjaga kebersihan dan keindahan lingkungan Kota Banda Aceh bersama-sama.[]