Wali Kota Salurkan Zakat untuk 630 Pasukan Orange

Wali Kota Banda Aceh, Aminullah Usman menyerahkan zakat dari Baitul Mal untuk salah satu petugas kebersihan DLHK3 Banda Aceh, Senin (18/5/2020) di halaman pool kenderaan DLHK3. Zakat yang diserahkan Wali Kota seluruhnya mencapai 650 orang termasuk untuk pekerja harian Dinas PUPR 20 orang. Foto: Ayu

Banda Aceh – Wali Kota Banda Aceh, Aminullah Usman kembali menyalurkan zakat untuk para mustahiq. Kali ini diserahkan untuk petugas kebersihan, yakni Tenaga Harian Lepas Dinas Lingkungan Hidup, Keindahan dan Kebersihan Kota (DLHK3) Banda Aceh.

Penyerahan zakat dari Baitul Mal Banda Aceh ini berlangsung di halaman pool kenderaan DLHK3, Gampong Mulia, Senin (18/5/2020).

Turut hadir dan menyerahkan zakat, Ketua Baitul Mall Kota Banda Aceh, Asqalani dan para Komisioner Baitul Mal, Kepala DLHK3, Hamdani SH serta sejumlah pejabat jajaran DLHK3.

Zakat senif miskin konsumtif ini diserahkan Aminullah kepada 650 mustahiq, terdiri dari 630 ‘Pasukan Orange’ dan 20 orang pekerja harian Dinas PUPR Banda Aceh atau yang sering disebut dengan ‘Pasukan Sedimen’.

”Masing-masing kita serahkan Rp 600 Ribu. Totalnya untuk 650 orang termasuk 20 orang tenaga kebersihan dari Dinas PUPR mencapai Rp 390 juta,” ujar Wali Kota.

“Ini janji saya dulu sebelum puasa. Saat pemberian bantuan juga, waktu itu saya janji akan mengupayakan zakat untuk petugas kebersihan. Alhamdulillah hari ini bisa kita tunaikan janji itu,” ujar Aminullah.

Wali Kota berharap zakat tersebut dapat dimanfaatkan sebaik mungkin untuk meringankan beban para petugas kebersihan dalam memenuhi kebutuhan selama puasa dan kondisi yang sedang dilanda pandemi Covid-19.

“Kita tahu ini masa sulit karena pandemi Covid-19 sedang melanda. Tentunya kita harapkan zakat ini dapat dimanfaatkan sebaik mungkin. Apakah untuk kebutuhan puasa maupun untuk kebutuhan hari raya,” pesan Aminullah.

Wali Kota juga mengungkapkan, hingga saat ini penyaluran zakat dari Baitul Mal sudah mencapai Rp 5.430.626.000 untuk seluruh senif. Aminullah merincikan, untuk triwulan pertama tahun 2020 ini sudah diserahkan zakat faqir konsumtif sebesar Rp 1.973.600.00 untuk 2.467 penerima. Zakat senif faqir uzur telah juga disalurkan untuk 598 orang dengan total penyaluran mencapai sekitar Rp 717.600.000.

Sementara untuk senif miskin konsumtif seluruhnya disalurkan Rp. 2.575.575.000 untuk 4.282 penerima, termasuk 630 pasukan orange dan 20 tenaga harian Dinas PUPR.

Kemudian juga telah disalurkan senif miskin yatim untu 1.000 orang, fi sabilllah 13 orang dan ibnu sabil 15 orang.

“Total untuk 8.375 mustahiq sudah kita salurkan sekitar Rp 5,4 M. Ini penyaluran triwulan pertama tahun ini,” kata Wali Kota.

Kepada para penerima, yakni pahlawan kebersihan, Aminullah berharap mereka dapat menyosialisasikan kepada warga kota, terutama kepada wajib zakat (Muzakki) agar menyalurkan zakatnya kepada Baitul Mal Kota Banda Aceh.

“Mungkin pasukan orange juga bisa ikut sosialisasi tentang zakat, ke tetangga atau warga sekitar yang memiliki rezeki lebih. Ajaklah mereka berzakat di Baitul Mal. Ketika lebih banyak yang berzakat, maka akan lebih banyak yang bisa dibantu,” ajak mantan Dirut Bank Aceh ini.

Selain bantuan zakat, pada kesempatan ini Wali Kota juga membagikan masker kepada seluruh pertugas kebersihan. Masker tersebut diserahkan secara simbolis kepada beberapa petugas. Masing-masing petugas diberikan tiga masker sebagai bekal perlindungan bagi mereka dalam menjalankan tugas dan sebagai upaya pencegahan penyebaran Covid-19.[]

Visits: 23