Peringati HPSN 2020, Wali Kota Canangkan Program Pengurangan Plastik dan Pilah Sampah dari Rumah

Wali Kota Banda Aceh, Aminullah Usman bersama istri, Hj Nurmiaty AR, Kapolresta, Sekdakota dan para pimpinan Perbankan memukul rebana pada peringatan HPSN tahun 2020, Sabtu (14/3/2020) di Kompleks Pelabuhan Ulee Lheue.

Banda Aceh – Wali Kota Banda Aceh, AminullahUsman mencanangkan program pengurangan plastik dan pilah sampah dari rumah bagi warga Kota Banda Aceh.

Program ini dicanangkan bertepatan dengan peringatan peringatan Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN), Sabtu (14/3/2020) di Kompleks Pelabuhan Penyeberangan Ulee Lheue.

Bertepatan dengan momen HPSN 2020 ini, Wali Kota ikut memilih dan memilah sampah di lokasi bersama sekitar 2000 warga kota, termasuk sejumlah komunitas peduli lingkungan.

Tampak hadir juga para pejabat jajaran Pemko seperti Sekdakota dan para Kepala SKPK serta pegawai DLHK3 dan petugas kebersihan.

Aminullah berharap dengan momen HPSN yang digelar DLHK3 Banda Aceh ini, tingkat kesadaran masyarakat akan kebersihan lingkungan semakin tinggi. Masyarakat diharapkan dapat mengelola, memilih dan memilah sampah sendiri dari lingkungan tempat tinggalnya, minimal dari rumah masing-masing.

Terkait partisipasi ribuan warga pada HPSN ini, Wali Kota menyampaikan apresiasi. Menurutnya kebersihan harus menjadi perhatian bersama agar kota menjadi bersih, indah dan rapi.

Lanjut Aminullah, sampah jika tidak dikelola dengan tepat maka akan jadi malapetaka. Dia mencontohkan bencana yang pernah terjadi di Sukabumi 15 tahun lalu karena penanganan sampah yang tidak tepat.

“Tentunya kita tidak menginginkan hal itu terjadi di Banda Aceh. Karenanya masyarakat terus kita berikan edukasi cara memilah sampah dan membuang sampah pada tempatnya,” ujar Aminullah yang juga ikut menanam pohon Bersama Kapolresta, Kombes Pol Trisno Riyanto pada acara HPSN ini.

Wali Kota Banda Aceh, Aminullah Usman sedang menyapu membersihkan sampah pada peringatan HPSN tahun 2020, Sabtu (14/3/2020) di Kompleks Pelabuhan Ulee Lheue, Banda Aceh.

Dalam kesempatan ini, Aminullah juga menyinggung wabah corona yang melanda berbagai belahan dunia. Katanya, virus Covid-19 dapat dicegah dengan perilaku hidup bersih dan sehat.

Informasi dari Sekretaris DLHK3 Banda Aceh, Dody Haikal, aksi bersih pantai dan destinasi wisata dalam rangka HPSN tahun 2020 melibatkan sedikitnya 2000 peserta, terdiri 23 komunitas pelajar tingkat SMP dan SMA, 33 komunitas peduli lingkungan, duta lingkungan, masyarakat, swasta, dunia usaha, TNI dan Polri, pegawai DLHK3 dan PNS dari berbagai SKPK lingkungan Pemko.

Dari kegiatan ini, berhasil dikumpulkan sampah residu seberat 374,7 Kg, sampah botol 169,5 Kg dan sampah organik 358,6 Kg.

Katanya, kegiatan ini turut didukung oleh sejumlah lembaga lainnya, seperti Pegadaian, Perbankan dan Badan Musyawarah Perbankan Daerah (BMPD) Aceh yang ikut mensponsori kegiatan ini.

HPSN tahun 2020 ini mengusung tema “Indonesia Bersih, Indonesia Maju dan Indonesia Sejahtera”.

HPSN digelar untuk membangun kesadaran bersama untuk pelembagaan hidup bersih dan sehat melalui pengelolaan sampah. Kemudian mendorong budaya bersih dan produktif di tengah masyarakat dengan dinamika dan partisipasi masyarakat sebagai modal sosial.

Tujuan yang tak kalah penting lainnya adalah sebagai ajang sosialisasi dan edukasi kepada masyarakat tentang pentingnya kebersihan lingkungan dan solusi untuk mengatasi mulai dari sumbernya.

Selain aksi bersih pantai dan destinasi wisata, dalam rangka HPSN juga diselenggarakan berbagai kegiatan lainnya, seperti penanaman pohon, pameran daur ulang sampah warga sekitar hingga kegiatan pembagian doorprize.

Diselenggarakan juga lomba kampanye pengelolaan sampah dan lomba lingkungan (Rangking I dan kuis wawasan).(dek)