Peringati HPSN 2020, DLHK3 Gelar Aneka Perlombaan

Ketua TP PKK Kota Banda Aceh, Hj Nurmiaty AR dan Wakil Ketua TP PKK, Hj Fauziah berfoto bersama para juara Lomba Kampanye Pengelolaan Sampah yang digelar DLHK3 dalam rangka peringatan HPSN tahun 2020, Sabtu (14/3/2020).

Banda Aceh – Selain menggerakkan ribuan warga bergotong-royong membersihkan pantai dan sejumlah destinasi wisata, dalam rangka peringatan Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) tahun 2020, DLHK3 Banda Aceh juga menggelar berbagai perlombaan dengan tujuan sebagai ajang kampanye pengelolaan sampah di ‘Kota Gemilang’.

Salah-satu perlombaan yang diselenggarakan adalah perlombaan kampanye pengelolaan sampah. Kegiatan ini diikuti oleh para pelajar tingkat SD/MI, SMP/MTsN dan SMA/MA/SMK se-Kota Banda Aceh.

Kegiatan HPSN pada Sabtu 14 Maret lalu menjadi ajang bagi para pelajar menunjukkan kemampuan mereka berkampanye tentang pengelolaan sampah.

Dewan juri yang ditunjuk DLHK3 Banda Aceh menentukan beberapa kriteria yang harus dipenuhi peserta sebagai aspek penilaian. Media kampanye, teknik kampanye dan penampilan menjadi tiga kriteria yang ditentukan dewan juri.

Dari tiga kriteria tersebut kemudian dinilai juga  isi kampanye, kesesuain tema, kemampuan mendeskripsikan masalah, rencana aksi, penampilan hingga kemampuan berkomunikasi.

 

Ketua TP PKK Banda Aceh, Hj Nurmiaty AR menyerahkan hadiah kepada siswa juara Lomba Rangking 1 yang digelar DLHK3, Sabtu (14/3/2020) pada peringatan HPSN tahun 2020.

Dari hasil penilaian, dewan juri kemudian menetapkan Cut Laura Fasa Putri dari SDN 54 sebagai juara I tingkat SD.

Kemudian dewan juri juga memilih juara I, II dan III untuk tingkat SMP/MI dan SMA/SMK/MA.

Berikut daftar pemenang perlombaan kampanye pengelolaan sampah pada penyelenggaraan HPSN 2020 di Kota Banda Aceh :

Tingkat Sekolah Dasar/ Madrasah Ibtidaiyah:

1. Cut Laura Fasa Putri, SDN 54 Banda Aceh, Juara I

2. Hailie Jade Alaina, SDN 22 Banda Aceh, Juara II

3. Celia Cinta Gadisya H., SDN 20 Banda Aceh, Juara III

Tingkat Sekolah Menengah Pertama/ Madrasah Tsanawiyah:

1. Ratu Annisa, MTsN 1 Banda Aceh, Juara I

2. Aisyah Ramadhani, SMPN 3 Banda Aceh, Juara II

3. Anisatur Rahmi, MTsN 2 Banda Aceh, Juara III

Tingkat Sekolah Menengah Atas/ Madrasah Aliyah:

1. Maurel Cinta Rajasa, SMAN 3 Banda Aceh, Juara I

2. Durratul Mardhiah, SMAN 10 Banda Aceh, Juara II

3. Intan Az-Zahra, SMK-SMTI Banda Aceh, Juara III.

Selain lomba kampanye pengelolaan sampah, pada HPSN kali ini DLHK3 juga menggelar perlombaan Rangking 1. Lomba Rangking 1 digelar selama dua hari, yakni tanggal 11 dan 13 Maret lalu. Perlombaan ini mengundang antusias para peserta. Sedikitnya Lomba Rangking 1 diikuti sekitar 200 peserta.(dek)