Peringati HPSN 2019, Banda Aceh capai 20% Target Pegurangan Sampah

Banda Aceh- Banda Aceh menjadi salah satu kota yang ikut memperingati Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) 2019 pada Sabtu (09/3/2019) di kawasan Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Gampong Jawa, Kota Banda Aceh. Hal ini sebagaimana keinginannya untuk mencapai target bebas sampah pada tahun 2025 nanti.

Kegiatan ini dihadiri oleh Walikota dan Wakil Walikota Banda Aceh untuk berpartisipasi dan mengajak masyarakat agar dapat menjaga kebersihan dan keindahan lingkungan. Dalam sambutannya, Wakil Walikota Banda Aceh, Drs. H. Zainal Arifin mengatakan bahwa adanya kegiatan ini dijadikan sebagai sarana agar kita dapat terus meningkatkan kesadaran terhadap lingkungan dan menjaga kebersihan itu sebahagian daripada iman.

“Adanya Kegiatan ini, semoga dapat meningkatkan kesadaran kita terhadap pentingnya kebersihan lingkungan. Dan kita berharap dapat meraih kembali Piala Adipura yang sempat lepas. Tapi jikapun belum bisa, Kebersihan itu harus tetap jika,  Karena kebersihan adalah sebahagian daripada iman”. Ujarnya.

Pada kegiatan ini Walikota  dan Wakil Walikota Banda Aceh juga turut mengikuti aksi gotong royong bersama peserta  lainnya  disekitaran kawasan TPA dan kemudian ikut meninjau hasil daripada pengolahan sampah plastik kresek melalui proses pirolisis dan pemanfaatan gas methan yang dapat digunakan sebagai alat masak masyarakat.

Pemerintah Kota(Pemko) melalui Dinas Lingkungan Hidup, kebersihan dan Keindahan Kota (DLHK3) Banda Aceh mengkoordinasikan segala bentuk kegiatan lingkungan pada HPSN 2019 kemarin. Mulai dari aksi gotong rotong bersama, Lomba 3 R, Dialog bersama Masyarakat dan Ceremonial semuanya berlangsung dengan aman dan lancar.

Plt. Kepala Dinas Kebersihan dan Keindahan Kota (DLHK3) Banda Aceh, Jalaluddin ST,MT. juga berharap agar kegiatan ini dapat menjadi titik awal dalam aksi pengurangan sampah di Kota Banda Aceh.

“Dan kita berharap dengan adanya acara ini dapat dijadikan sebagai titik awal dalam aksi pengurangan sampah untuk mencapai target sebagaimana yang kita rencanakan. Dan di tahun 2019 ini 20% targetnya sudah tercapai”. Tambahnya. Kemudian, kegiatan yang mengangkat tema Kelola Sampah untuk Hidup Bersih, Sehat dan Bernilai ini juga dihadiri ratusan peserta. Diantaranya jajaran SKPK, para akademisi, para mahasiswa, para siswa sekolah dasar hingga menengan ke atas, serta komunitas pecinta lingkungan lainnya.(amf).