Rawan Kriminalitas, DLHK3 Lakukan Pemangkasan Pohon Berkala Guna Pastikan Penerangan Jalan Efektif

Hamdani Basyah berikan arahan langsung pemangkasan pohon yang menutupi lampu jalan

Banda Aceh- Memastikan kondisi lingkungan aman dan nyaman, Dinas Lingkungan Hidup, Kebersihan dan Keindahan Kota (DLHK3) Banda Aceh melakukan pemangkasan pohon secara berkala di beberapa ruas jalan protokol perkotaan.

Hingga berita ini diturunkan pada Kamis (07/3/2024), dinas terkait memberikan keterangan bahwa pemangkasan pohon tersebut berlangsung sepanjang kawasan jalan Prof. Ali Hasyimi (Jembatan Pango-Simpang BPKP) dan jalan Teuku Umar (Simpang PSSI-Simpang Dodik).

Adapun aksi diatas merupakan salah satu arahan langsung yang disampaikan oleh Kepala DLHK3 Hamdani Basyah, SH.,M.Si. dalam mengurangi potensi tindak kejahatan di jalan raya.

“Kita pastikan setiap pohon-pohon di Kota Banda Aceh itu tidak ada yang menutupi lampu jalan, sehingga pencahayaannya redup yang akan membuat kondisi lebih gelap dan rawan kriminalitas (begal, kecelakan). Maka dari itu, kami pastikan pemangkasan berkala ini akan memberi kemudahan akses yang lebih nyaman dan aman untuk warga kota.” Terang Hamdani.

Selanjutnya, Untuk melancarkan proses tersebut, DLHK3 mengirimkan satu (1) armada ke lokasi setempat.

Menurut pantauan tim liputan, pemangkasan pohon telah berlangsung dengan lancar. Para petugas kebersihan berjibaku memangkas dan memotong setiap dahan pohon yang mulai besar dan menutupi pencahayaan lampu jalan.

Proses pemangkasan juga menggunakan alat potong sinso dan peralatan tajam lainnya. Hal serupa bertujuan untuk memastikan kinerja pasukan orange lebih efektif dan efesien selama di lapangan.

Sejalan dengan arahan Kadis, Kepala Bidang Pengendalian dan Pengelolaan Lingkungan (BP2L) Heriady Farhas, SE., melalui Neldi Jaya Putra, ST., selaku Pengawas Lingkungan Hidup Ahli Muda bahwa DLHK3 juga memperhatikan para pekerjanya.

Salah satunya dengan memastikan setiap kegiatan di lapangan diwajibkan menggunakan perlengkapan kerja yang memadai dan aman.

“Selain alat-alat pemangkasan, para pekerja pun kita pastikan memakai perlengkapan kerjanya. Seperti baju kerja, sepatu kerja dan lain sebagainya ya. Ini menjadi tanggung jawab yang harus kita pastikan juga penerapannya.” Jelasnya.

Harapannya, kondisi lingkungan selalu aman dan nyaman. Sehingga potensi tindak kriminal dan kecelakaan di jalana  raya dapat menurun secara berangsur-angsur.[U].

Visits: 27