Lanjutan, 15 Calon Gampong di Kota Banda Aceh Ikuti Sosialisasi Program Komunitas Iklim (ProKLim)

DLHK3 terus berupaya meningkatkan partisipasi masyarakat sebagai upaya melestarikan lingkungan

Banda Aceh- Langkah pasti Pemerintah Kota (Pemko) Banda Aceh menjaga lingkungan, melalui Dinas Lingkungan Hidup, Kebersihan dan Keindahan Kota (DLHK3) Banda Aceh kembali menyelenggarakan sosialisasi Program Komunitas Iklim (ProKLim) kepada 15 gampong calon ProKLim di Aula lantai III pagi.

Hingga berita ini diturunkan pada Selasa (27/2/2024), Kepala DLHK3 Banda Aceh, Hamdani Basyah, SH.,M.SI., mengajak warga untuk terus ikut serta memastikan lingkungan selalu terjaga.

“Kita akan terus berupaya memberikan sosialisasi kepada seluruh warga kota untuk menjaga lingkungan. Salah satunya dengan ikut mensukseskan Program Komunitas Iklim (ProkLim). Dengan demikian, setiap upaya mitigasi dan adabtasi perubahan iklim dapat kita hadapi bersama.” Ajak Hamdani.

Menurut informasi yang diterima tim liputan, Kota Banda Aceh telah memiliki delapan (8) gampong ProKLim. Diantaranya empat (4) gampong mendapat predikat Utama dan empat (4) lainnya mendapat predikat Madya.

Selaras dengan hal tersebut, Ir. Cut Safarina Yulianti, ST.,MM,MT., selaku Kepala Bidang Tata Lingkungan mengatakan bahwa pihaknya akan terus meningkatkan kinerja untuk memastikan seluruh gampong di Kota Banda Aceh menjadi gampong ProKLim di tahun 2024.

“…(Harus) kita pastikan seluruh gampong di Kota Banda Aceh ini dapat menjadi gampong ProKLim ya, karena itu kami beserta tim terus melakukan upaya sosialisasi kepada jajaran SKPD, Para Camat, Keuchiek gampong hingga Operator desa. Sehingga akan sejalan, dan efektif dalam aksi implementasinya nanti.” Jelas Cut Safarina bersemangat.

ProKlim merupakan program yang memberikan pengakuan terhadap partisipasi aktif masyarakat yang telah melaksanakan upaya mitigasi dan adaptasi perubahan iklim yang terintegrasi, sehingga dapat mendukung target penurunan emisi GRK nasional dan meningkatkan ketahanan masyarakat terhadap dampak perubahan iklim.

Selanjutnya, salah satu tujuan utama dalam pelaksanaan sosialisasi ini adalah sebagai upaya Pemko memberikan pemahaman kepada setiap perwakilan gampong yang hadir untuk mengimplementasikan setiap syarat dan proses menjadi gampong ProKLim Banda Aceh Tahun 2024.

Dalam prosesi diskusi, Penyampaian materi disampaikan langsung oleh Kepala Bidang Persampahan dan Limbah B3 DLHK3, Asnawi Z.,ST.,MT., serta Keuchiek Gampong Peunyerat, T. Ismed Fadhillah, A.Md., selaku salah satu gampong ProKLim di Kota Banda Aceh yang telah mendapatkan predikat Utama.

Harapannya, dengan aksi ini akan terus meningkatkan partisipasi masyarakat dan pemerintah untuk terus melestarikan lingkungan. Karena mengimplementasikan sikap menjaga sekitar bukan hanya kewajiban, melainkan juga menjadi life style yang harus kita lakukan secara berkelanjutan. [U].

Visits: 23