Tiga Gampong di Kota Banda Aceh Masuk Penilaian Program Kampung Iklim Kategori Utama Tingkat Nasional

Banda Aceh- Ikut menjadi salah satu kota dalam daftar penilaian Program Kampung Iklim (PROKLIM) tingkat nasional, Pemko Banda Aceh melalui Dinas Lingkungan Hidup, Kebersihan dan Keindahan Kota (DLHK3) Banda Aceh lakukan kunjungan dan pendampingan langsung tim verifikasi PROKLIM dari Kementrian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) RI ke gampong-gampong di Kota Banda Aceh.

Di tahun 2022 ini sebanyak 14 gampong di enam kabupaten/kota di Aceh akan diverifikasi oleh tim KLHK yang dilakukan secara offline maupun online.

Adapun tiga gampong di Kota Banda Aceh yang menjadi kandidat penilaian itu yakni Gampong Kota Baru Kecamatan Kuta Alam, Gampong Peunyeurat Kecamatan Banda Raya dan Gampong Alue Deah Tengoh di Kecamatan Meuraxa.

Sebelum melakukan verifikasi ke lapangan, dinas terkait menyambut secara seremoni tim penilai di Aula DLHK3 Banda Aceh pada Selasa (09/8) pagi.

Tampak hadir dalam agenda pertemuan Asisten II Bidang Perekonomian dan Pembangunan Sekdako Banda Aceh Jalaluddin, ST,MT., Kabid Perlindungan dan Konservasi SDA, DLHK Aceh M. Daud, perwakilan OPD, para Camat, Keuchiek dan lain sebagainya.

Menanggapi hal tersebut, Kepala Dinas Lingkungan Hidup, Kebersihan dan Keindahan Kota (DLHK3) Banda Aceh, Hamdani Basyah, SH.,M.Si. mendukung setiap proses verifikasi di lapangan.

“Kami terus berupaya memberikan hal terbaik dalam proses verifikasi ini. Mendukung ketiga gampong yang menjadi titik verifikasi nanti untuk selalu berbenah dan selalu menjadi gampong sehat, dan peduli iklim ya” Ujar Hamdani.

Selanjutnya, Cut Salwitri Tray, S.Sos. salah seorang tim verifikator yang mengunjungi ketiga lokasi itu melakukan pemantauan dibeberapa sudut desa. Salah satunya yakni kunjungan ke titik Depo Waste Collecting Point (WCP), Rumah Sehat di Gampong ADT dan lokasi lainnya.

Agenda yang berlangsung selama dua hari ini menjadi salah satu penilaian yang dapat menunjang semangat para warga untuk terus berbenah dalam memperhatikan lingkungan sekitar. []

Visits: 8