Wali Kota Serahkan Zakat Senif Miskin Baitul Mal kepada Ratusan Petugas Kebersihan

Pose bersama setelah penyerahan Zakat Senif Miskin Baitul Mal di Halaman Kantor DLHK3 Banda Aceh, Selasa (05/7). Foto : Dok.

Banda Aceh- Menjelang perayaan hari raya Idul Adha 1443 H/2022 M, Wali Kota Banda Aceh H. Aminullah Usman, SE.,Ak,MM. menyalurkan secara simbolis zakat senif miskin kepada Enam Ratus Enam (606) orang Pekerja Harian Lepas (PHL) petugas kebersihan dan Dua Puluh (20) pekerja dinas PUPR di halaman kantor DLHK3 Banda Aceh pada Selasa (05/7).

Adapun dana tersebut berasal dari zakat penghasilan perniagaan dan penghasilan Pegawai Negeri Sipil (PNS) yang ada di Kota Banda Aceh maupun luar kota. Tampak hadir dalam pertemuan tersebut Walikota Banda Aceh, Aminullah Usman, Kadis DLHK3 Hamdani Basyah, Sekdis DLHK3 Dody Haikal,  Kepala Sekretariat Baitul Mal Wahyudi, Komisioner Baitul Mal Kota Banda Aceh, Aisyah M Ali serta jajaran lainnya.

Dalam sambutannya, Aminullah mengapresiasi penyaluran zakat zenif miskin yang tepat sasaran dan terkelola dengan baik oleh Baitul Mal kota Banda Aceh.

“Baitul Mal Banda Aceh luar biasa, sudah diakui nasional karena penggunaan zakatnya tepat sasaran. Hari ini penyaluran zakat diberikan untuk para petugas kebersihan juga. Bagi petugas itu sangat bermakna, kebersamaan ini perlu kita lakukan, sehingga mereka akan lebih termotivasi untuk  memberikan kinerja yang terbaik bagi kota” Jelasnya lugas.

Ia mengajak para warga kota maupun luar kota terutama kepada wajib zakat (Muzakki) agar menyalurkan  zakatnya melalui Baitul Mal Kota Banda Aceh.

“Sama-sama kita sosialisasikan tentang zakat, ke tetangga atau warga sekitar yang memiliki rezeki lebih. Ajaklah mereka berzakat di Baitul Mal. Ketika lebih banyak yang berzakat, maka akan lebih banyak yang bisa dibantu,” Ajak Aminullah dihadapan para pasukan orange.

Disisi lain, Kepala Dinas Lingkungan Hidup, Kebersihan dan Keindahan kota (DLHK3) Banda Aceh, Hamdani Basyah, SH. menyampaikan rasa terimakasih kepada Wali Kota dan Lembaga Baitul Mal yang begitu peduli dengan kesejahteraan petugas kebersihan kota.

“Alhamdulillah, hari ini ada 586 petugas kebersihan kami yang menerima zakat senif miskin dari Baitul Mal. Ini sangat berharga dan pastinya akan mengurangi beban para petugas kami. Rasa terimakasih saya sampaikan kepada Bapak Walikota Banda Aceh atas kepeduliannya kepada pasukan orange dan tim dari Baitul Mal kota yang telah menyalurkan zakat tepat sasaran.” Tutur Hamdani.

Kemudian, masing-masing penerima zakat senif konsumtif ini akan menerima zakat sebesar Rp. 600.000.,- perorangnya. Dengan total dana keseluruhan adalah Rp. 363.600.000.

Tak hanya petugas kebersihan, penyaluran zakat juga diserahkan kepada para penerima lainnya seperti fakir miskin, fakir uzur, fii sabilillah, disabilitas dan lainnya.

Dalam hal ini Komisioner Baitul Mal, Aisyah M. Ali pun menyebutkan pihaknya juga telah memberikan beasiswa kepada para pelajar dan santri.

“Selain zakat senif konsumtif yang disalurkan kepada para petugas,kami juga menyalurkan zakat ke para fakir miskin, fakir uzur, fii sabilillah dan lainnya. Kami pun memberikan beasiswa ke para pelajar dan santri ya.” Tutupnya. []

Visits: 7