DLHK3 Gandeng Sahabat Hijau, Sosialisasi Kebersihan Lingkungan Lewat Komik

Banda Aceh – Cara tak biasa dilakukan Dinas Lingkungan Hidup Kebersihan dan Keindahan Kota (DLHK3) Banda Aceh untuk terus mengampanyekan kebersihan lingkungan.

Bekerjasama dengan Sahabat Hijau, DLHK3 terus menyosialisasikan perihal kebersihan lingkungan melalui komik.

Kepala DLHK3 Banda Aceh Hamdani Basyah, SH mengatakan, kegiatan sosialisasi lingkungan melalui komik ini merupakan upaya Pemko Banda Aceh dalam menyampaikan informasi melalui media sosial.

Ia menilai, penyampaian informasi melalui komik ini memiliki daya tarik tersendiri karena memudahkan masyarakat dalam memahami pesan yang disampaikan.

“Karena dengan berbagai macam iklan ataupun hal-hal yang disampaikan melalui visual apalagi berbentuk komik ini memudahkan masyarakat untuk memahami apa yang disampaikan,” kata Hamdani saat dijumpai di kantornya, Jumat (23//7/2021).

Dalam tahun ini sendiri, kata Hamdani, setidaknya ada tujuh series komik terkait sosialisasi lingkungan yang bakal disampaikan dalam tahun ini.

“Ini kerjasama antara sahabat hijau dengan DLHK3 mungkin ada sekitar tujuh series dalam tahun ini karena memang anak anak muda yang ada di Sahabat Hijau punya talenta untuk membuat komik dan tujuannya mudah dipahami dan lebih menarik,” sambungnya.

Sementara itu, Kasubbag Program dan Pelaporan, Yusrida Arnita SP MSc yang juga menangani kerjasama DLHK3 mengatakan, pihaknya sudah sejak lama menjalin kerjasama dengan Sahabat Hijau membantu sosialisasi Less Waste event di tempat-tempat keramaian dan aksi penghijauan di Ruang Terbuka Hijau (RTH). Namun, sejak pandemi Covid-19 sosialisasi di tempat keramaian tidak lagi bisa dilakukan.

“Maka mereka berinisiatif untuk membantu DLHK3 melalui komik ini yang bisa disebarkan di media sosial DLHK3 Kota Banda Aceh,” jelasnya.

Pesan-pesan kebersihan yang disampaikan salah-satunya tentang tinja ramah lingkungan.

Kata Yusrida, pesannya dikemas lewat komik dimana ada dialog dan penjelasan bagaimana kemudian tinja itu bisa diolah jadi pupuk untuk kemudian dimanfaatkan untuk kesuburan tanaman.
“Pesan-pesan tersebut lebih mudah dipahami dan disenangi anak-anak karena mereka mayoritas menyukai komik. Sehingga kita bisa menanamkan pentingnya kebersihan lingkungan kepada anak-anak sejak dini,” tambahnya.[]