Aksi Bersih-bersih Pantai di Hari Lingkungan Hidup Sedunia

Banda Aceh – Sedikitnya 130 orang dari LSM Seulanga Aceh melakukan gotong royong membersihkan Pantai Alue Naga, Kecamatan Syiah Kuala Banda Aceh, Sabtu (5/6/2021).

Kata Ketua LSM Seulanga Aceh, Wardhana Prasetya SSi mengatakan kegiatan tersebut berlangsung sehari, mulai dari pagi hingga selesai pada pukul 17.00 Wib.

Kata Wardhana, kegiatan gotong royong membersihkan pantai oleh pihaknya tersebut sebagai bentuk kepedulian terhadap kelestarian lingkungan dan dalam rangka memperingati Hari Lingkungan Hidup Sedunia tahun 2021 yang diperingati setiap 5 Juni.

Peserta yang ikut berpasrtisipas pada kegiatan ini terdiri dari Unit Kegiatan Mahasiswa Pencinta Alam Leuser USK, mahasiswa Jurisan Geografi Universitas Al Wasliyah dan para komunitas pecinta lingkungan.

Selain aksi bersih pantai, kata Wardhana pihaknya juga melakukan serangkaian kegiatan lainnya, yakni penanaman manggrove dam kampanye lingkungan.

 

“Kita tidak sekedar gotong royong saja, tapi juga ada kegiatan penanaman manggrove dan kampanye lingkungan, dimana kita ikut menyosialisasikan ke masyarakat akan pentingnya menjaga kebersihan lingkungan, minimal menggugah kesadaran warga untuk memilah sampah dan tidak membuang sampah sembarangan,” ujarnya.

Terkait dengan aksi gotong royong di Alue Naga, kegiatan tersebut sebagai bentuk kontribusi LSM Seulanga Aceh dalam merawat ekosistem pantai sebagai lokasi destinasi wisata dan upaya pencegahan dini bencana.

Sementara itu, DLHK3 Banda Aceh menyambut baik kegiatan yang dilakukan LSM Seulanga Aceh tersebut.

Kepala DLHK3, Hamdani Basyah bahkan memerintahkan jajarannya untuk mendukung kegiatan tersebut dengan menurunkan sejumlah armada angkutan.

Seluruh sampah yang telah dikumpulkan diangkut dengan truk DLHK3 ke TPA.[]