Ikuti BimTek SLHKD/IKPLHD, DLHK3 Banda Aceh Terima Apresiasi Penghargaan Proklim

Kepala Bidang Tata Lingkungan, Cut Safarina Yulianti, ST.,MM.,MT. (Kedua dari kanan) menerima penghargaan Proklim untuk gampong Lambung yang diserahkan langsung oleh Kepala DLHK Aceh, Ir. Sahrial (Kedua sebelah kiri) di Aula Pinus Merkusi, Kamis (19/11) : Foto/Dok. DLHK3.

*DLHK Aceh menyerahkan apresiasi penghargaan Proklim kategori Utama pada agenda Bimtek, Ini daftar penerimanya

Banda Aceh- Dinas Lingkungan Hidup, Kebersihan dan Keindahan Kota (DLHK3) Banda Aceh mengikuti agenda Bimbingan Teknik (BimTek) mengenai Penyusunan Dokumen Informasi Kinerja Pengelolaan Lingkungan Hidup Daerah (IKPLHD) tingkat Kabupaten/Kota dan BimTek Sistem Informasi Lingkungan Hidup dan Kehutanan Daerah (SLHKD) di Aula Pinus Merkusi, Kamis (19/11) pukul 08.00 WIB.

Acara yang diadakan oleh Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan (DLHK) Provinsi Aceh tersebut dibuka langsung oleh Kepala DLHK Aceh, Ir. Sahrizal, MT. dihadiri pula oleh instansi-instansi pemerintahan.

Dalam agenda tersebut, DLHK3 Banda Aceh diwakili oleh Kepala Seksi Perencanaan dan Pendataan Bidang Tata Lingkungan, Safrizal, ST.

Safrizal mengatakan bahwa rentetan acara berjalan dengan lancar dan teratur. Proses Bimbingan Teknik (BimTek) ini bertujuan melatih ketelatenan setiap instansi dalam memahami dan menambah wawasan perihal penyususnan dokumen informasi kinerja pengelolaan lingkungan hidup daerah (IKPLHD) tingkat Kabupaten/Kota. Hal ini juga sejalan dengan Bimtek sistem informasi lingkungan hidup dan kehutanan daerah (SLHKD).

“Iya (perwakilan DLHK3 Banda Aceh). Agenda ini diikuti oleh beberapa instansi terkait dan dihadiri oleh puluhan peserta ya. Kegiatan ini menjadi agenda rutin yang diadakan oleh DLHK Aceh yang bertujuan untuk membimbing para peserta memahami lebih dalam perihal penyusunan dokumen IKPLHD/SLHKD.” Ujar Safrizal.

Selanjutnya, Ia menambahkan bahwa berlangsungnya Bimbingan Teknik (BimTek) tersebut diawali dengan proses penyerahan apresiasi Proklim dari Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI berupa Trophy, Sertifikat pada Kategori Proklim Utama kepada Kabupaten Aceh Barat Daya, Aceh Selatan, Gayo Lues dan Kota Banda Aceh.

“Jadi penyerahan apresiasi Proklim dari KLHK ini menjadi pembuka sebelum agenda BimTek dimulai ya. Dan Alhamdulillah Kota Banda Aceh menjadi salah satu Kabupaten/Kota yang menerima penghargaan tersebut dalam kategori Proklim Utama” Ungkap Safrizal.

Penetapan penerima penghargaan Proklim dalam kategori Utama ini telah diumumkan sejak 23 Oktober silam secara live dari Manggala Wonobakti Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan Republik Indonesia dan disaksikan secara online (virtual) oleh Pemerintah Kota (Pemko) Banda Aceh.

Selanjutnya, proses penerimaan penghargaan Proklim kategori Utama untuk Kota Banda Aceh ini diraih oleh KSM Lambung Lestari sebagai kelompok penggerak masyarakat pengelola lingkungan Gampong Lambung. Tahun 2019, Gampong Lambung telah memperoleh penghargaan Proklim Madya, dan meningkat pada tahun 2020 dengan meraih penghargaan Proklim Utama.

Penyerahan penghargaan diberikan oleh Kepala DLHK Aceh dan diterima langsung oleh Kepala Bidang Tata Lingkungan DLHK3 Banda Aceh, Cut Safarina Yulianti, ST.,MM.,MT.  di Aula Merkusi pagi tadi.

Adapun pencapaian ini menjadi tolak ukur baru untuk dinas terkait dalam meningkatkan pelayanan dan kinerjanya terhadap lingkungan kota. Dan dapat dijadikan panutan untuk gampong-gampong lainnya di Kota Banda Aceh.

Menanggapi hal tersebut, Kepala Dinas Lingkungan Hidup, Kebersihan dan Keindahan Kota  (DLHK3) Banda Aceh, Hamdani, SH. memberikan apresiasi kepada gampong Lambung atas pencapaiannya ini. Ia berharap kedepannya gampong Lambung dapat menjadi Pilot Project bagi gampong lainnya bahkan tingkat nasional dan dapat terus meningkatkan kepeduliannya terhadap lingkungan Kota Banda Aceh.

“Alhamdulillah kita mendapatkan penghargaan Proklim kategori Utama untuk salah satu gampong binaan kita yaitu gampong Lambung Kecamatan Meuraxa. Ini menjadi capaian yang luar biasa untuk kita semua ya, dan saya sangat berhapa kedepannya kita harus lebih baik lagi dan ganpong lambung pun dapat terus berinovasi untuk lingkungannya hingga tingkat nasional”. Pungkas Hamdani sumringah. []