Komisi III DPRK Kunjungi TPA Gampong Jawa, Bahas Solusi Penanganan Sampah

Banda Aceh- Komisi III Dewan Perwakilan Rakyat Kota (DPRK) Banda Aceh, melakukan kunjungan kerja ke Tempat Pemrosesan Akhir (TPA) Gampong Jawa, Kecamatan Kutaraja, Banda Aceh, pada Jumat siang (3/7/2020).

Kehadiran Komisi III yang dipimpin langsung Ketuanya, T Arief Khalifah ST, Wakil Ketua, Ismawardi, Sekrtaris Komisi, Irwansyah ST dan dua anggota yakni Bunyamin dan Abdul Ghafur disambut langsung Ketua Dinas Lingkungan Hidup, Keindahan dan Kebersihan Kota (DLHK3) Banda Aceh, Hamdani dan jajarannya.

Kunjungan kerja ini merupakan tindak lanjut dari laporan pertanggunjawaban Wali Kota tahun 2019, salah-satunya melakukan peninjuan ke mitra kerja, yakni DLHK3.

Selain melihat langsung proses penanganan sampah di TPA Gampong Jawa, Komisi III ini juga menyambangi lokasi landfill dan juga gedung perbengkelan mandiri yang dimiliki DLHK3.

Di lokasi, para wakil rakyat meminta laporan kendala-kendala yang dihadapi dinas dan membahas solusi-solusi yang akan dilakukan demi lancarnya tugas-tugas yang dilakukan DLHK3.

“Termasuk membahas permasalahan sampah yang masuk hingga 230 ton per hari ke TPA, yang harus dicarikan solusinya agar tidak terus menumpuk,” kata salah-satu anggota Komisi III, Ismawardi.

“Tadi kita sudah berbincang-bincang dengan pak Kadis dan jajaran. Artinya kita menerima laporan dan melihat kendala-kendala yang dihadapi DLHK3 di sini. Ada 230 ton sampah yang masuk tiap hari, tidak bisa dibiarkan menumpuk dan harus diangkut ke TPA Regional,” kata Ismawardi.

Dalam kesempatan ini, juga dibahas terkait keterbatasan armada angkutan. Komisi III menyepakati akan membahas kendala ini dan diajukan penambahan armada untuk di anggarkan melalui APBK tahun 2021.

“Salah-satu kendala adalah kekurangan armada angkutan. Kita akan minta Pemko menganggarkan dana pengadaan mobil angkutan untuk DLHK3 tahun 2021. Harapannya sampah-sampah yang ada di TPA Gampong Jawa bisa diangkut ke TPA Regional tanpa kendala,” tambahnya.

Kepala DLHK3 sendiri menyambut baik kunjungan kerja dari Komisi III. Masukan-masukan dari dewan terhormat menjadi penting dalam menjalankan program-program kebersihan dengan maksimal dan efektif.

“Harapan kita dengan adanya kunjungan ini, bisa melihat langsung bagaimana kondisi di TPA dan perbengkelan mandiri DLHK3. Mudah-mudahan kita mendapat perhatian khusus dari Komisi III DPRK seperti armada pengangkutan sampah dan perlengkapan-perlengkapan utama bagi pekerja kita disini pula.” tutup Hamdani.[Ayu]

Visits: 79