Optimalkan Penanganan Sampah di TPA Gampong Jawa, DLHK3 Gunakan Excavator

• Sampah Tidak Boleh Terus Menggunung Tinggi

Banda Aceh – Mengatasi persoalan penumpukan sampah di sebuah kota bukanlah hal sepele. Perlu kerja keras dan work smart bersama para tim dalam menangganinya. Pemko Banda Aceh melalui Dinas Lingkungan Hidup, Kebersihan dan Keindahan Kota (DLHK3) Banda Aceh terus berupaya keras lakukan penekanan terhadap penumpukan sampah di TPA Gampong Jawa, Kamis (04/06/2020).

250 Ton sampah di Banda Aceh per harinya dihasilkan oleh masyarakat setempat yang kemudian menumpuk di Tempat Pembuangan Akhir (TPA). Sehingga dibutuhkan penangganan yang serius dan tepat.

Hingga berita ini di turunkan, DLHK3 terus melakukan berbagai cara untuk menanggulangi persoalan sampah. Salah satunya seperti pengoptimalan penggunaan Excavator untuk pengangkutan sampah dalam jumlah banyak dan di pindahkan ke dalam truck untuk di bawa ke TPA Blang Bintang.

Penggunaan Excavator ini bertujuan untuk mempermudah aktivitas para petugas kebersihan saat mengangkat gunungan sampah di Landfill. Sehingga dengan adanya alat berat tersebut pekerjaan akan lebih mudah dan cepat.

Kepala DLHK3 melalui Kepala Seksi Pengelolaan Limbah B3, Ery Syahputra ST mengatakan bahwa dalam proses penggunaannya, hingga kini ada 5 alat berat yang digunakan oleh DLHK3 di area Landfill dan dioperasikan setiap harinya.

“Di TPA, landfill itu ada 5 unit Excavator yang kita gunakan. Seperti 1 Long Arm, 3 Excavator PC 200 dan 1 Excavator PC 100 (khusus desriding kayu/cacah kayu). Selain untuk mengeruk sampah, penggunaan alat berat ini juga memuat sampah tadi untuk diangkat ke TPA Blang Bintang menggunakan truck besar” ungkapnya.

Kemudian, DLHK3 juga memiliki 6 orang petugas operator dan dibagi kepda 3 shift hariannya. Untuk pengoperasian alat berat, para petugas menggunakan jadwal shift masing-masing dan bertanggung jawab melakukan perawatan berkala pada alat berat tersebut.

“Untuk jam operasionalnya atau jadwal shift pekerja itu kita start dari pukul 08.00 s/d 22.00 WIB. Dari petugasnya juga dibagi jam kerja shift” tambahnya.

Tak sampai disitu, Ery juga mengatakan bahwa DLHK3 juga menyewakan excavator dan alat berat lainnya seperti Buldozer, Beko Dozzer dan Backhoe Loader secara luas kepada masyarakat dan swasta. Hal ini juga menjadi salah-satu pendapatan PAD dinas.[Ayu]m

Visits: 46