Apresiasikan Kinerja, DLHK3 Banda Aceh Berikan Reward Kepada 11 Relawan Terbaik E-Berindah

Foto Bersama Para Relawan Terbaik E-Berindah pada Kegiatan Penyerahan Reward Kepada 11 Relawan Terbaik E-Berindah di Aula Lantai 3 DLHK3 Banda Aceh, Senin (17/12/2019). Foto/DLHK3

Banda Aceh-  Dinas Lingkungan Hidup, Kebersihan dan Keindahan Kota (DLHK3) Banda Aceh memberikan reward kepada 11 relawan terbaik E-Berindah pada Selasa (17/12/2019) pagi. Kegiatan yang berlangsung di Aula Lantai 3 kantor DLHK3 tersebut dihadiri oleh para ASN dan juga para relawan E-Berindah.

Kegiatan tersebut bertujuan untuk mengapresiasikan kinerja para relawan yang telah tergabung dalam sistem aplikasi monitoring dan evaluasi (MONEV) kebersihan dan keindahan Kota Banda Aceh yang menggunakan perkembangan  teknologi informasi serta komunikasi masa kini.

Seperti yang disampaikan oleh Kepala Dinas Lingkungan Hidup, Kebersihan dan Keindahan Kota (DLHK3) Banda Aceh, Hamdani SH. bahwa kegiatan ini bertujuan memberikan apresiasi kepada 11 relawan terbaik yang telah tergabung dalam aplikasi E-Berindah tahun 2019.  Sehingga untuk kedepan pihaknya berharap agar para relawan dapat menyampaikan juga kepada masyarakat luas bahwa sampah itu adalah tanggung jawab kita bersama.

Kepala DLHK3 Banda Aceh, Hamdani, SH. yang didampingi oleh Sekretaris DLHK3 Banda Aceh, Dody Haikal, S.STP.,M.Si. Menyerahkan Penghargaan Kinerja Kepada Salah Satu Relawan E-Berindah. Foto/DLHK3.

Seperti halnya aplikasi lain, sistem E-Berindah merupakan aplikasi sistem monitoring kualitas kebersihan dan keindahan berbasis Android yan telah digagas oleh  Dinas Lingkungan Hidup, Kebersihan dan Keindahan Kota (DLHK3) Banda Aceh sejak  Kamis, 07 Juni 2018 lalu dan terus diimplementasikan setiap bulannya.

Kemudian, seperti tanggapan daripada Sekretaris Dinas Lingkungan Hidup, Kebersihan dan Keindahan Kota (DLHK3) Banda Aceh, Dody Haikal, S.STP,M.Si. menerangkan bahwa E-Berindah sangat membantu DLHK3 dalam meningkatkan kebersihan dan keindahan Kota Banda Aceh pada tahun 2019. Terdapat 4.014 foto temuan dan ditindaklanjuti sebanyak 2.988 foto. Artinya, dapat diperkirakan ada 70% yang telah ditindaklanjuti oleh para manager. Dan ini, menjadi salah satu barometer kami untuk mengukur kinerja para manager kebersihan dan keindahan masing-masing zona/wilayah kerja setelah ditindaklanjuti E-Berindah.

Selain itu, manfaat E-Berindah juga mampu meningkatkan peran serta masyarakat dalam memantau kebersihan dan keindahan. Kini, total akun relawan yang masuk ke E-Berindah sebanyak 535 akun. Artinya, meningkat drastis dari tahun sebelumnya yang hanya 135 akun hingga Desember 2019.

Terakhir, pihaknya juga akan melakukan evaluasi dan pembenahan terhadap aplikasi E-Berindah guna meningkatkan lagi sistemnya sehingga semakin efektif dan efisien dalam penggunaannya.

Seperti ungkapan Muhammad Ikhlas, Salah satu relawan E-Berindah yang berhasil diliput oleh Tim DLHK3 Banda Aceh mengungkapkan bahwa adanya  aplikasi ini sangat membantu masyarakat dalam memonitoring kebersihan serta keindahan lingkungan sekitar. Dan juga memberi tambahan bagi financial kami sambil menjaga lingkungan sekitar.

Pembagian reward tersebut terdapat tiga kategori yang diberikan penghargaan dari dinas terkait, seperti Pemantau terbaik, Zona terbaik dan juga reward relawan. Dalam hal ini, total reward berjumlah RP. 500.000,- untuk perorangan. Dan diberikan kepada 11 orang yang terdiri dari kalangan masyarakat dan juga driver ojek online (Ojol). (amf).

Visits: 97