Komunitas Sahabat Hijau (SAHI) Lakukan Kunjungan Edukasi Ke TPA Gampong Jawa

Kunjungan Komunitas Sahabat Hijau (SAHI) Pada Kegiatan Edukasi Alur Pengelolaan Sampah di TPA Gampong Jawa dan Waste Collecting Point (WCP) Gampong Deah Tengoh, Rabu (13/2/2019).

Banda Aceh- Komunitas Sahabat Hijau (SAHI) melakukan kunjungan edukasi terkait alur pengelolaan sampah ke Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Gampong Jawa, Rabu (13/2/2019). Kegiatan tersebut merupakan program rutin yang dilakukan untuk pembelajaran dan memberikan pengetahuan kepada anggota baru yang telah tergabung pada komunitas itu.

Sekretaris Komunitas Sahabat Hijau (SAHI), Syarifah Seica mengatakan jika kunjungan ini dijadikan sebagai upaya pembelajaran yang lebih signifikan terhadap proses pengelolaan sampah bagi diri dan lingkungan.

“Kunjungan edukasi ini dilakukan setiap tahunnya, untuk memberikan edukasi/pengetahuan yang lebih luas mengenai pengelolaan sampah kepada anggota baru ynag tergabung dalam komunitas berbasis lingkungan ini. Sehingga nantinya, kita dapat menerapkannya di lingkungan masing-masing” ujarnya.

SAHI menjadi salah satu komunitas lingkungan yang berkunjung ke TPA Gampong Jawa guna menggali lebih dalam tentang keberadaan TPA tersebut dan melihat langsung bagaimana proses alur pengelolaan sampah di TPA. Hal ini juga disampaikan oleh Staff Dinas Lingkungan Hidup, Kebersihan dan Keindahan Kota Banda Aceh, T. Dharma Setiawan.

“Selain Sahabat Hijau ada banyak juga yang melakukan penelitian disini. Seperti lembaga pendidikan, ada yang dari kalangan dosen, ada juga yang dari kabupaten-kabupaten, provinsi yang melakukan studi banding pula”. Ujarnya.

T.Dharma Setiawan juga menambahkan jika lembaga tingkat kabupaten dan provinsi itu memilih TPA Gampong Jawa sebagai sasarannya dalam melakukan studi banding dikarenakan TPA Gampong Jawa Kota Banda Aceh menjadi salah satu TPA terbaik di Indonesia. Sehingga hal ini menjadi rujukan bagi mereka untuk menerapkannya pada daerah masing-masing.

Kemudian pada kegiatan kunjungan edukasi tersebut para anggota komunitas Sahabat Hijau juga mengunjungi beberapa tempat pengelolaan sampah yang ada di TPA Gampong Jawa. Mulai dari tempat proses pembuangannya, tempat proses pencacahan kayu, Intermediate Treatment Facility Compost And Biogas (ITF), dan Kolam lindi.

Selain itu, mereka juga dibekali pengetahuan mengenai proses pengelolaan sampah organik dan non-organik digampong WCP (waste Collecting Point), serta pemanfaatan biogas TPA yang dapat dimanfaatkan oleh masyarakat sebagai bahan bakar untuk memasak.(amf).