DLHK3 Mengawal Kebersihan Maulid Akbar Pemko Banda Aceh

Tim Kebersihan dari DLHK3 memandu salah seorang tamu undangan maulid akbar untuk menempatkan sampah sisa makanan di tong sampah organik yang telah disediakan

Banda Aceh – Dinas Lingkungan Hidup Kebersihan dan Keindahan Kota Banda Aceh menjadi koordinator kebersihan dalam kegiatan maulid akbar yang dilaksanakan Pemerintah Kota Banda Aceh di Lapangan Blang Padang pada tanggal 12 Februari 2018.

Kepala Dinas DLHK3 T. Samsuar, M.Si., sebagai koordinator kebersihan Maulid Akbar Pemko Banda Aceh menyampaikan bahwa jenis sampah yang dihasilkan dari kegiatan maulid sebagian besar sampah organik berupa sisa makanan dan sampah kemasan plastik air mineral.

“Kami menyediakan bank sampah (untuk sampah botol), tong sampah residu, dan tong sampah organik, untuk memudahkan masyarakat menempatkan sampah sesuai jenisnya. Tiga titik lokasi tempat sampah disediakan untuk mengawal hampir 12 ribu tamu undangan maulid akbar ini” ujarnya.

12 ribu tamu undangan maulid akbar yang terdiri dari Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD), 500 orang anak yatim dan masyarakat Kota Banda Aceh akan di kawal oleh 50 orang tim kebersihan dari DILHK3. Seluruh tim kebersihan mengarahkan seluruh tamu undangan untuk menempatkan sampah di tiga titik lokasi  tempat sampah yang telah disediakan.

Pengawalan sampah ini merupakan serangkaian kegiatan Tiga Bulan Bersih Sampah (TBBS) yang diselenggarakan untuk peringatan Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) tahun 2018. Serangkaian TBBS dilaksanakan dari tanggal 21 Januari sampai dengan 21 April 2018. DLHK3 Banda Aceh akan melaksanakan pengawalan sampah Kota Banda Aceh lebih maksimal untuk peringatan HPSN ini.

Setelah acara berakhir, Wali Kota Banda Aceh, Aminullah Usman, SE.Ak, MM. menyampaikan terima kasih kepada DLHK3 yang berhasil menciptakan kebersihan hingga acara maulid akbar selesai.(cmd)