DLHK3 dan Komunitas Lingkungan Melaksanakan Zero Waste Event di Acara Car Free Day Banda Aceh

Walikota Banda Aceh mengunjungi titik lokasi pemilahan sampah yang ditempatkan pada acara Car Free Day pada tanggal 11 Februari 2018

Banda Aceh – DLHK3 dan komunitas lingkungan melaksanakan Zero Waste Event pada kegiatan Car Free Day yang diselenggarakan di sepanjang Jalan Tgk. Daud Beureueh pada tanggal 11 Februari 2018.

“Pada launching Car Free Day ini kami punya tiga tugas penting yaitu mengedukasi pengunjung tentang pemilahan sampah, memberikan edukasi tentang pengelolaan sampah kepada UMKM (Usaha Mikro, Kecil Menengah), serta melakukan aksi pungut sampah disepanjang area Car Free Day mulai dari Simpang Lima hingga Simpang Jambo Tape” jelas Yusrida Arnita, perwakilan DLHK3 sebagai koordinator Zero Waste Event di acara Car Free Day.

Tim Zero Waste Event dibagi dua kelompok, ada yang standby pos pemilahan sampah yang telah disediakan, dan ada yang patroli sampah disepanjang area Car Free Day. Disediakan dua pos pemilahan sampah dengan enam jenis tong pemilah yaitu kemasan plastik, botol, organik, kertas, kaleng, tusuk sate, sedotan, stick ice cream, tutup botol, dan residu.

“Enam penggolongan jenis sampah ini kami buat untuk pembelajaran memilah sampah kepada masyarakat. Tentunya konsep Zero Waste Event ini penting dilakukan untuk mengurangi beban volume sampah di Tempat Pemrosesan Akhir (TPA) dan mengajarkan masyarakat budaya pengelolaan sampah dengan baik diawali dengan memilah sampah dengan benar” jelas Yusrida kepada para pengunjung Car Free Day.

Tidak hanya itu, tim Zero Waste Event menyediakan pula pos isi ulang air minum (water station) di setiap titik lokasi pemilahan sampah. Bagi pengunjung yang membawa botol minum (tumbler) dapat mengisi ulang air minum di water station yang disediakan. Water station ini untuk mengurangi penggunaan kemasan minuman sekali pakai.

Pelaksanaan Zero Waste Event merupakan salah satu rangkaian kegiatan peringatan Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN). Kementerian Lingkungan Hidup Republik Indonesia menganjurkan pelaksanaan HPSN tahun ini dilaksanakan selama tiga bulan dengan konsep Tiga Bulan Bersih Sampah yang dimulai tanggal 21 Januari-21 April 2018.

Tim DLHK3 Banda Aceh dan beberapa komunitas lingkungan seperti Sahabat Hijau (SAHI), Zero Waste Aceh (ZWA), Koalisi Pemuda Hijau Indonesia (Kophi Aceh), Terminal Kreasi Aceh (TKA), dan lainnya mengawal sampah pada acara Car Free Day mulai pukul 08.00 wib sampai dengan 10.00 wib. Edukasi yang disampaikan oleh para relawan ini berhasil menggerakkan para pedagang dan pengunjung menempatkan sampah di tong sampah pemilah sesuai jenisnya. Setelah acara selesai tidak ada sampah yang tertinggal di lokasi.(cmd)