DLHK3 Paparkan Hasil Kajian Daya Dukung Daya Tampung Lingkungan Hidup (DDDT LH) Banda Aceh

Kepala DLHK3 menyampaikan sambutan dalam kegiatan Konsultasi Publik Penyusunan Kepala DLHK3 menyampaikan sambutan dalam kegiatan Konsultasi Publik Penyusunan DDDT LH, di Aula lantai 3 Kantor DLHK3, Jum’at (8/2) DLHK3/PON

Banda Aceh – Kepala Dinas Lingkungan Hidup, Kebersihan, dan Keindahan Kota (DLHK3) Banda Aceh, Drs. T. Samsuar, M.Si, membuka acara konsultasi publik terkait penyusunan Daya Dukung Daya Tampung Lingkungan Hidup (DDDT LH) berbasis jasa ekosistem di aula lantai 3 Kantor DLHK3, jumat (8/2/19).

“Konsultasi publik ini merupakan bagian dari upaya finalisasi laporan penyusunan kajian Daya Dukung dan Daya Tampung Lingkungan Hidup Kota Banda Aceh. Pada hari ini akan dibahas tentang hasil laporan dan peta keluaran kegiatan DDDT LH Kota Banda Aceh tahun 2018” ujar T Samsuar dalam sambutannya.

Ketua tim penyusun DDDT LH Kota Banda Aceh, Dr. Ir. Suhendrayatna, M. Eng, memaparkan kepada forum bahwa score nilai DDDT LH Kota Banda Aceh berkisar antara 0,3 – 0,8 dengan range kategori sedang, rendah, sangat rendah ini dikarenakan geologi Kota Banda Aceh terdiri dari lapisan pasir.

Dalam rapat ini juga dipaparkan 23 peta DDDT LH berbasis jasa ekosistem yang diharapkan nanti dapat berguna untuk kegiatan pembangunan di Kota Banda Aceh. Beberapa peta yang dihasilkan dari kegiatan DDDT LH ini adalah peta jasa rekreasi dan ecotourism, peta jasa penyediaan pangan, peta jasa air bersih, peta pengaturan tata aliran air dan banjir, dan lainnya.

Konsultasi publik ini dihadiri oleh 50 orang dan diberikan kesempatan menyampaikan saran dan masukan untuk menyempurnakan hasil laporan DDDT dan peta DDDT LH berbasis jasa ekosistem Kota Banda Aceh. Para tamu undangan ini terdiri dari instansi pemerintah, SKPD, camat, akademisi, LSM lingkungan, komunitas lingkungan, sekolah dan keuchik dalam wilayah Kota Banda Aceh.(cmd)

Hits: 682