Gampong Lambung Berhasil Raih Proklim Kategori Utama Tahun 2020

Tim DLHK3 Banda Aceh sedang mengikuti acara puncak Festival Iklim 2020 via online (virtual) pada Jumat, (23/10)/ Foto : Dok. DLHK3.

Banda Aceh- Gampong Lambung Kecamatan Meuraxa Kota Banda Aceh menerima penghargaan Program Kampung Iklim (Proklim) Kategori Utama Tahun 2020 dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) Republik Indonesia pada Jum’at (23/10).

Kegiatan penyerahan penghargaan Proklim Tahun 2020 tersebut berlangsung secara live dari Manggala Wonobakti Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan Republik Indonesia dan disaksikan secara online (virtual) oleh Pemerintah Kota (Pemko) Banda Aceh.

Penghargaan Sertifikat Proklim (Program Kampung Iklim) Utama diraih oleh KSM Lambung Lestari sebagai kelompok penggerak masyarakat pengelola lingkungan Gampong Lambung. Tahun 2019, Gampong Lambung telah memperoleh penghargaan Proklim Madya, dan meningkat pada tahun 2020 dengan meraih penghargaan Proklim Utama.

Dinas Lingkungan Hidup, Kebersihan dan Keindahan Kota (DLHK3) Banda Aceh terus berupaya untuk meningkatkan setiap unsur-unsur proklim yang ada di gampong Lambung. Dalam hal ini, pihak terkait juga akan melakukan pembinaan yang lebih meluas bagi setiap gampong yang mengajukan partisipasinya mengikuti Proklim.

Kepala Bidang Tata Lingkungan, Cut Safarina, ST.,MM,MT. mengatakan bahwa pihaknya sangat bersyukur dan akan terus meningkatkan pelayanan dalam membina gampong-gampong di Kota Banda Aceh.

“Iya, Alhamdulillah kami sangat bersyukur atas pencapaian ini. Pihak kami juga sangat terbuka bagi tiap- tiap gampong yang mengajukan kesediaannya untuk dibina mengikuti Proklim kedepannya ya” Ungkap Cut Safarina.

Penghargaan Sertifikat Proklim Utama didasarkan pada SK Menteri Lingkungan Hidup Nomor : 401/MENLHK/PPI/PPI.0/10/2020 tentang Penerima Penghargaan Proklim Tahun 2020.

Apresiasi terhadap jajaran Pemerintah Gampong Lambung, KSM Lambung Lestari dan masyarakatnya ini diberikan karena telah melakukan aksi adaptasi dan mitigasi dalam rangka upaya mengurangi dampak perubahan iklim yang sedang terjadi.

Kegiatan ketahanan pangan melalui pemanfaatan lahan pekarangan untuk perkebunan, perikanan dan peternakan; Pengelolaan sampah dengan konsep 3R hingga pemanfaatan energi melalui penggunaan solar panel merupakan bentuk aksi-aksi yang telah dilakukan Gampong Lambung yang terus dibina oleh Pemerintah Kota Banda Aceh.

Dengan diraihnya penghargaan ini, diharapkan dapat menjadi motivasi bagi gampong-gampong lain di Kota Banda Aceh untuk dapat mengelola lingkungannya serta tantangan Pemerintah Kota Banda Aceh untuk meningkatkan pembinaan kepada masyarakat gampong di wilayah kota Banda Aceh dalam melakukan aksi adaptasi dan mitigasi perubahan iklim global. [amf]