Rawan Tumbang, Petugas DLKH3 Pangkas Pohon di Jl Tgk Imum Lueng Bata

Banda Aceh – Dinas Lingkungan Hidup, Kebersihan dan Keindahan Kota (DLHK3) Banda Aceh tidak henti-hentinya menata dan mempercantik Banda Aceh. Jalan-jalan, baik jalan protokol dan jalan lainnya selalu dijaga dan dirawat dengan semaksimal mungkin.

Selain bunga-bunga di jalur hijau median jalan, pohon-pohon juga terus dijaga. Jika ditemukan kondisinya sudah menua dan rawan tumbang, maka akan dilakukan pemotongan.

Begitu juga dengan pohon yang kondisinya telah tumbuh liar dan dinilai berpotensi mengganggu instalasi listrik atau kabel telpon. Petugas selalu sigap melakukan pemangkasan.

Seperti yang dilakukan petugas di Jln Tgk Imuem Lueng Bata, Rabu (26/8/2020). Ada beberapa pohon yang dipangkas agar tidak mengganggu jaringan listrik yang kemudian dikhawatirkan akan membahayakan warga dan pengguna jalan.

Menggunakan peralatan lengkap, sejumah petugas langsung datang ke lokasi. Mereka menggunakan unit mobil yang memiliki skylift, yang biasa digunakan untuk pemasangan lampu. Mobil ini memudahkan pekerja karena skylift di mobil tersebut bisa mengatur ketinggian petugas untuk melakukan pemangkasan pohon.

Tidak butuh waktu lama, pohon-pohon di kawasan Lueng Bata itu berhasil dipangkas.

Kata Kepala DLHK3, Hamdani Basyah, pihaknya harus selalu sigap menyikapi kondisi seperti ini. Apalagi di tengah cuaca yang tidak menentu dimana pohon-pohon tersebut bisa saja tumbang atau justru menggangu jaringan PLN.

“Selain menggangu keindahan, juga sangat berbahaya bagi warga dan pengguna jalan karena terhalang pencahayaan. Makanya secara cepat kita kirimkan petugas ke lapangan,” ujar Hamdani Basyah.

Kepada warga, ia mengimbau agar masyarakat kota dapat menyampaikan laporan ke DLHK3 atau melalui saluran telpon yang telah disediakan.

“Partisipasi warga sangat kita butuhkan, karena tidak semua bisa terpantau petugas dengan cepat. Ketika ada laporan kita secepatnya tindaklanjuti untuk keamanan dan kenyamanan warga kota,” tutup Hamdani Basyah.[]