Bappeda Kota Banda Aceh Ikut Serta Program Pemilahan Sampah di Kantor

Para Tim Satuan Tugas (Satgas) Berfoto Bersama dengan Kepala Bappeda Kota Banda Aceh, Ir.Gusmeri, M.T. (Banjar Ketiga dari sebelah Kanan) di Kantor Bappeda Kota Banda Aceh, Rabu(22/5/2019)/Foto: Amf.

Banda Aceh- Program pemilahan sampah merupakan salah satu  solusi terhadap penumpukan sampah  di Banda Aceh. Pemerintah Kota (Pemko) Banda Aceh melalui Dinas Lingkungan Hidup, Kebersihan dan Keindahan Kota (DLHK3) Banda Aceh terus berupaya menanggani permasalahan sampah di Kota Serambi Mekah itu.

Dalam hal ini, Dinas terkait telah melakukan sosialisasi dan juga kerjasama dengan para masyarakat, Intansi Pemerintah, Sekolah-sekolah dan Perguruan Tinggi. Terdapat beberapa Instansi Pemerintah yang ikut andil dalam memilah sampah di kantor. Salah satunya adalah Bappeda Kota Banda Aceh. Instansi pemerintah ini juga berupaya memberikan motivasi dan arahan kepada para pegawainya untuk memilah dan membuang sampah ditempatnya.

Seperti yang diungkapkan oleh Sekretaris Bappeda Kota Banda Aceh, Nila Herawati, SE.,M.Si pada Rabu (22/5/2019) di ruang Kasubbag Umum Bappeda Banda Aceh, bahwa dalam menerapkan pemilahan sampah di kantor, pihaknya telah memilih Satuan Tugas (Satgas) dari masing-masing ruangan yang berjumlah 5 (lima) orang untuk dapat mengontrol kebersihan diruangan tersebut.

“Untuk menerapkan pemilahan sampah ini, kami sudah memilih satgas dari masing-masing ruangan, yang bertanggung jawab perihal kebersihan dan juga mengedukasi para pegawai lainnya untuk disiplin memilah sampah mereka dan membuangnya sesuai tempat yang  telah disediakan” Ujar Nila Herawati.

Selanjutnya, pihaknya juga telah memfasilitasi tong sampah terpilah pada masing-masing ruangan. Sehingga membuat para pegawainya lebih mudah dalam memilah sampah mereka. Hingga 2 bulan menjalankan program ini, pihak Bappeda tidak mendapatkan kendala yang begitu rumit.

“Sampai saat ini pihak kami tidak ada kendala dan tantangan yang sulit, melainkan susah mengontrol para tamu yang membuang sampah dari sisa kotak kue mereka secara tidak terpilah saja, dan hal ini akan terus kami upayakan juga untuk mengedukasi setiap tamu yang datang agar ikut serta memilah sampah di kantor”. Tambahnya.

Untuk menjalankan pemilahan sampah, pihak Bappeda Kota sendiri menerapkan beberapa kiat keberhasilah yang dapat dicontoh oleh Instansi pemerintah lainnya, seperti , tim satgas bekerja sama dengan para cleaning service, memberi peringatan berkala kepada para pegawai untuk memilah sampah sesuai kategorinya, dan menyediakan tong sampah terpilah pada setiap ruangan.

Dalam hal ini, Sekretaris Bappeda Kota Banda Aceh, Nila Herawati, SE.,M.Si., juga berharap agar program ini dapat terlaksana terus-menerus dan dapar diterapkan di semua kantor yang ada di Kota Banda Aceh. “Program ini sangat bagus ya, sehingga dengan adanya program pemilahan sampah ini, kita dapat meminimalisirkan pembuangan sampah di TPA dengan cara memilah sampah yang ada. Kemudian berharap juga dapat diterapkan pada semua kantor yang ada di Kota Banda Aceh.” Tutupnya.(amf).

Visits: 78