Solidaritas Berqurban di DLHK3

Kebersamaan pekerja DLHK3 mengikuti penyembelihan hewan qurban di IPLT Gampong Jawa, Kamis (23/8) DLHK3/TIM

Banda Aceh – Tradisi ber-qurban di Dinas Lingkungan Hidup, Kebersihan dan Keindahan Kota (DLHK3) Banda Aceh terus dilaksanakan setiap tahun. Pada moment Hari Raya Qurban tahun 2018, pembagian daging qurban dilaksanakan di halaman Kantor DLHK3, Kamis (23/8).

“Pembagian daging qurban ini sudah  menjadi tradisi, tujuannya untuk membangun solidaritas antar sesama pekerja. Seluruh persiapan dari pemotongan hingga pembagian dikerjakan bersama oleh pekerja DLHK3 secara sukarela,” ujar Herdharma Wahyudi, Ketua Pelaksana Qurban, saat diwawancarai di Kantor DLHK3, Rabu (29/3).

Sebanyak 8 ekor lembu dengan berat rata-rata 70 s/d 80 kilogram disembelih sesuai syariat dan disaksikan langsung oleh pekerja dan staff DLHK3 yang ikut ber-qurban. Saat penyembelihan disebutkan pula nama setiap orang yang ber-qurban agar pahala dilimpahkan kepada nama yang diniatkan. Penyembelihan hewan qurban dilaksanakan di IPLT Gampong Jawa pukul 06.15 pagi, Kamis (23/8). Dihari yang sama pula dilanjutkan pembagian daging qurban sejumlah 720 paket untuk para pekerja DLHK3 mulai pukul 12.00-18.00 wib.

Herdharma mengatakan bahwa sumber dana qurban berasal dari pekerja DLHK3. Setiap tahunnya, dilakukan pemotongan gaji Rp 200 ribu/bulan selama 11 bulan terhadap tenaga kerja PNS. Untuk tenaga kerja non-PNS akan dilakukan pemotongan gaji juga jika bersedia ikut qurban. Nantinya seluruh jumlah uang tersebut akan digabungkan untuk pembelian hewan qurban pada Hari Raya Idul Adha.

Ali Basyah Jamal (45) salah satu pekerja DLHK3 mengatakan sangat senang dengan pembagian daging qurban ini. Menurutnya bantuan ini sangat bermanfaat bagi pekerja, semua keluarga dapat menikmati daging qurban di Hari Raya Idul Adha. (cmd)

Visits: 534