DLHK3 Mengadakan Sosialisasi dan Bimtek Sekolah dan Dayah Adiwiyata Se-Kota Banda Aceh

Para pengajar sekolah dan dayah Se-Kota Banda Aceh sedang mendengarkan kata sambutan sekaligus pembukaan acara Sosialisasi dan Bimtek Program Adiwiyata oleh T. Samsuar, Kadis DLHK3, di Aula DLHK3 10/4/2018

Banda Aceh – DLHK3 melaksanakan sosialisasi untuk Program Adiwiyata Kota Banda Aceh pada tanggal 10-11 April 2018 di Aula DLHK3, dilanjutkan dengan Bimtek (Bimbingan Teknis) sampai dengan tanggal 14 April 2018.

“Program Adiwiyata ini di Kota Banda Aceh tidak hanya untuk sekolah saja, juga untuk dayah disesuaikan dengan visi Pemko Banda Aceh yaitu Kota Gemilang dalam Bingkai Syariah” papar Cut Safarina Yulianti, Ketua Program Adiwiyata Kota Banda Aceh pada pembukaan acara Bimtek 10/4.

Dari paparan Ketua Program Adiwiyata Banda Aceh diketahui bahwa dari 103 sekolah yang telah diberikan sosialisasi terdapat 35 sekolah sudah mengirimkan portofolio pengisian adiwiyata. Berikutnya portofolio ini akan diseleksi oleh tim penilai untuk dilombakan ke tingkat kota, provinsi dan nasional. Sebelum diseleksi oleh tim penilai, tim pembina yang terdiri dari berbagai unsur telah melakukan pembinaan ke sekolah-sekolah sesuai dengan PermenLH No. 5 tahun 2013 tentang Pedoman Pelaksanaan Program Adiwiyata.

Pencapaian Sekolah Adiwiyata Kota Banda Aceh tahun 2012-2017 yaitu 12 SD, 9 SMP, 8 SMA, dan 4 Dayah, ditargetkan tahun ini akan ada peningkatan. Harapannya agar semakin banyak sekolah dan dayah yang menerapkan budaya cinta dan peduli lingkungan.

Salah satu tim pembina yang hadir sebagai pemateri, Dyna Mustika Sari, perwakilan Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan Aceh, menyampaikan bahwa pelatihan hari ini tidak hanya mengkhususkan untuk mengajarkan cara pengisisan portofolio adiwiyata juga memaparkan kriteria penilaian adiwiyata yaitu sampah, air, keanekaragaman hayati, energi, makanan dan kantin sehat.

Tim penilai yang ditunjuk dalam program sekolah peduli dan berbudaya lingkungan ini yaitu DLHK3, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Banda Aceh, Dinas Syariat Islam, WALHI Aceh, dan I News TV.(cmd)

Visits: 289