Dengan Tekad dan Kerja Keras, Banda Aceh Berhasil Meraih Kembali Anugerah Adipura tahun 2022

Banda Aceh- Mengawali tahun 2023, Kota Banda Aceh kembali torehkan prestasi sebagai salah satu kota yang menerima penghargaan Anugerah Adipura Tahun 2022 ditingkat nasional.

Dalam penerimaannya, penghargaan tersebut langsung diberikan oleh Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) RI, Dr.Ir Siti Nurbaya Bakar,M.Sc. kepada Pj. Walikota Banda Aceh, H. Bakri Siddiq, SE.,M.Si, Selasa (28/2/) di Auditorium Dr. Soedjarwo, Gedung Manggala Wanabakti, Jl. Gatot Subroto, Jakarta Pusat.

Adapun agenda itu berlangsung sejak pukul 09.00 hingga 12.30 WIB pagi tadi. Dihadiri oleh jajaran menteri hingga Walikota/Bupati dari perwakilan masing-masing daerah penerima penghargaan.

Dalam penerimaan anugerah Adipura tahun 2022, pantauan potret Pj. Walikota Banda Aceh tampak sumringah yang bangga dengan peraihan kembali piala Adipura untuk Kota Banda aceh. Ia juga didampingi langsung oleh Kepala DLHK3 Banda Aceh, Hamdani Basyah, SH.,M.Si.

Menanggapi hal ini, Hamdani menyampaikan rasa syukurnya terhadap peraihan kembali penghargaan Adipura tahun 2022. Hal tersebut juga berkat kerja keras pasukan orange dan warga kota yang ikut serta menjaga lingkungan secara bersama-sama. Serta adanya peran Swasta, SKPD dan seluruh Stakeholder.

“Alhamdulillah, kita berhasil meraih kembali piala Adipura tahun 2022. Hal ini menjadi bukti dari komitmen DLHK3 dalam menjaga kebersihan dan keindahan lingkungan kota. Dan tak luput juga dari kerja keras tim petugas kebersihan serta warga kota tercinta ya..” Tuturnya sumringah.

Selanjutnya, pada prosesi pengumuman yang diselenggarakan pagi tadi, Kota Banda Aceh masuk ke dalam kategori Kota Sedang yang meraih anugerah itu.

Adapun penilaian Adipura sempat terhenti karena kondisi covid-19 beberapa tahun silam. Dan kembali dilakukan penilaian langsung secara online melalui Sistem Informasi Pengelolaan Sampah Nasional (SIPSN) maupun verifikasi lapangan sejak Agustus 2022 lalu.

Meraih kembali penghargaan tingkat nasional ini menjadi kebanggaan tersendiri bagi Pemerintah Kota (Pemko) dan warga Kota Banda Aceh.

Harapannya, anugerah ini dapat terus dipertahankan bersama-sama dan menjadi salah satu upaya dalam meningkatkan kesadaran menjaga lingkungan secara berkelanjutan.

“Harapan kita semua, anugerah Adipura yang kembali kita raih ini, dapat terus kita pertahankan bersama-sama ya, sehingga menjadi salah satu semangat kita dalam wujudkan Kota Banda Aceh yang bebas sampah 2025 mendatang.”[U].

Hits: 30