Gratiskan Layanan Sedot Tinja ! DLHK3 Edukasi Warga terkait Sanitasi Aman

Banda Aceh- Pemerintah Kota (Pemko) Banda Aceh melalui Dinas Lingkungan Hidup, Kebersihan dan Keindahan Kota (DLHK3) Banda Aceh menyelenggarakan aksi promosi penyedotan septic tank dengan potongan harga 60% hingga 100%  dari harga normal yang dibuka untuk seluruh warga Kota Banda Aceh, Selasa (31/1).

Adapun aksi promosi ini telah berlangsung sejak dua bulan lalu, dengan tujuan meningkatkan kesadaran masyarakat kota terhadap pentingnya menjaga sanitasi aman untuk kesehatan dan lingkungan yang aman pula.

Hamdani Basyah, SH.,M.Si, Kepala DLHK3 Banda Aceh mengatakan aksi ini merupakan inisiasi kerjasama yang  diselenggarakan antara Pemko Kota Banda Aceh dengan Unicef dan Yayasan Aceh Hijau.

“Terlaksananya program ini berkat kerjasama yang terjalin antara Pemko Banda Aceh melalui DLHK3 Banda Aceh dengan UNICEF dan Yayasan Aceh Hijau ya, sehingga dapat memberikan tawaran khusus untuk masyarakat terkait potongan harga bahkan fasilitas gratis dalam aksi penyedotan tinja di Kota Banda Aceh.” Terang Hamdani kepada tim liputan.

Ia juga menambahkan hingga saat ini telah terdaftar seratus dua puluh (120) pendaftar yang akan dilakukan verifikasi oleh tim terkait untuk menikmati aksi promosi penyedotan tinja tersebut.

Selanjutnya, dalam pelaksanaan program sosial itu, pihak DLHK3 juga membagikan informasi terkait melalui media-media massa dan sosial yang tersebar. Sehingga dapat diakses dan diketahui oleh masyarakat kota untuk ikut berpartisipasi.

Menurut Kepala Bidang Pengelolaan Sampah dan Limbah B3, Asnawi Z, ST.,M.Si.,

“Untuk program layanan promosi penyedotan tinja ini, kami menyediakan layanan hingga 200 pendaftar tercepat yang nantinya akan kita lakukan verifikasi di lapangan bersama tim untuk penyedotan septic tank dengan potongan harga mulai dari 60% hingga gratis ya.. hal ini pastinya sangat membantu persoalan warga terkait penampungan tinja yang sudah penuh untuk ikut berpartisipasi dalam aksi sosial ini. idealnya tanki septic itu wajib di lakukanan penyedotan minimal 3  tahun sekali” Jelas Asnawi.

 Namun, sebelum menikmati penawaran tersebut, pihaknya juga menerangkan bahwa masyarakat diwajibkan untuk mengikuti setiap rules program serta syarat dan ketentuan berlaku.

Seperti halnya mengisi mengisi kuesioner melalui link terkait atau tautan yang telah disediakan oleh tim panitia di https://bit.ly/FormBulanPromosiSedotTinja atau dapat menghubungi nomor Telpon (0651) 31217, Handphone 0823-6186-4435 atau langsung kunjungi kantor DLHK3 Banda Aceh untuk mendaftarakan diri Anda.

Kemudian, jika nantinya formulir yang didaftarkan telah masuk ke tim panitia, pihaknya akan segera melakukan survey lapangan yang bekerjasama dengan Dinas Kesehatan (DinKes) Kota untuk memastikan kondisi penampungan septic tank dapat dilakukan penyedotan.

Adapun jam pemberlakuan order dimulai dari pukul 08.00-16.00 WIB, dan jam operasi dimulai dari pukul 08.00-22.00 WIB setiap hari kerja.

Terakhir, Asnawi pun berharap dengan adanya program ini akan meningkatkan kesadaran masyarakat terkait pentingnya melakukan penyedotan tinja secara berkala untuk mengurangi kerusakan lingkungan dan stunting di Kota Banda Aceh.

“Kami sangat berharap dengan program ini, kita dapat terus mengedukasi warga kota untuk rutin lakukan penyedotan tinja secara berkala ya, karena ada banyak manfaat yang akan kita peroleh dengan konsisten untuk merawat sanitasi itu. Sanitasi Aman Banda Aceh Aman.” Tutupnya lugas. [U].

Hits: 84