Petugas DLHK3 Bergerak Cepat Tanggani Pohon Tumbang yang Menimpa Kendaraan

Banda Aceh- Akibat cuaca ekstrim dan angin kencang pada Selasa (24/1), beberapa pohon diwilayah Gampong Pango dan Gampong Jawa kembali bertumbangan. Menurut informasi yang diperoleh tim liputan, petugas Dinas Lingkungan Hidup, Kebersihan dan Keindahan Kota (DLHK3) Banda Aceh telah bergerak cepat menanggani musibah tersebut dilapangan.

Adapun aksi tersebut ditanggani langsung oleh dua (2) armada DLHK3 dengan mengerahkan enam (6) orang petugas ke lokasi kejadian. Dan mendapat apresiasi dari masyarakat terkait aksi heroic [ara pasukan orange ini.

Menanggapi hal diatas, Kepala DLHK3 Banda Aceh, Hamdani Basyah, SH.,M.Si. menyampaikan pihaknya telah bergerak cepat memotong dan memastikan kondisi dilapangan kembali kondusif. Sehingga tidak mengganggu aktivitas warga lainnya.

“Cuaca yang tidak stabil ini sudah hampir sepekan ya, jadi mengakibatkan beberapa pohon tumbang di ruas-ruas jalan di Kota Banda Aceh. Jika terdapat laporan masyarakat terkait pohon tumbang, kita akan langsung bergerak cepat menanggani di lapangan, agar para masyarakat tetap aman dan nyaman.” Tutur Hamdani kepada tim liputan.

Peristiwa itu, menjadi hal yang perlu di waspadai oleh semua warga Kota Banda Aceh di tengah-tengah kondisi cuaca ekstrim akhir-akhir ini.

Selanjutnya, disampaikan pula oleh Kepala Bidang Pengendalian dan Pengelolaan Lingkungan, Heriady Farhas, SE. bahwa pihaknya mengimbau kepada seluruh warga kota untuk tidak berteduh di bawah pohon dan menjauhi area pepohonan rimbun disaat kondisi hujan dan cuaca ekstrim.

“Kami menghimbau kepada masyarakat untuk tidak berteduh dan berlindung dibawah pohon jika terjadi hujan. Karena akan membahayakan jiwa jika terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.”Terangnya.

Selain itu, ia juga menjelaskan bahwa dalam proses penangganan musibah tersebut, pihaknya terus berjibaku bersama mengatasi persoalan dilapangan. Para pasukan orange pun dilengkapi dengan perkakas pekerjaan seperti alat pemotong sinso dan parang serta dibantu dengan mobil Truck dan Skylift.

“…selain dibantu alat-alat perkakas pemotong pohon, pasukan orange juga dilengkapi kendaraan pengangkutan, seperti truck dan mobil PJU (Skylift) dalam mengatasi pohon tumbang terebut.” Tambah Heriady lugas.

Harapannya masyarakat ikut serta melakukan pemantauan berkala terhadap perkembangan lingkungan kota sekitar. Jika terdapat kendala terkait kebersihan dan keindahan kota dapat menghubungi Call & WhatsApp Center di 0811-6788-444 atau dapat melaporkannya via akun media sosial official DLHK3 Banda Aceh. [U].

Hits: 34