Antisipasi Genangan Air di Musim Hujan, DLHK3 Bersihkan Drainase di Ruas Jalan Perkotaan

Banda Aceh- Petugas Dinas Lingkungan Hidup, Kebersihan dan Keindahan Kota (DLHK3) Banda Aceh melakukan pembersihan sampah dan puing-puing dari drainase yang jebol di seputaran kawasan Simpang Prada pada Selasa (24/1) siang tadi.

Aksi yang melibatkan satu (1) armada yang berjumlah 6-7 orang petugas DLHK3 ini bertujuan untuk memastikan aliran air drainase kembali normal dan tidak tersumbat yang dapat menyebabkan genangan air hingga banjir.

Terkait hal diatas, Hamdani Basyah, SH.,M.Si, Kepala DLHK3 Banda Aceh memberikan keterangan bahwa drainase yang jebol ini dikarenakan beban berat yang terus terbawa oleh truck-truck di ruas jalan raya tersebut.

“Tim kebersihan telah menuju ke lokasi drainase yang jebol karena truck-truck yang membawa beban berlebih ya, hal ini juga sudah kita koordinasikan dengan tim PUPR dalam penangganannya.” Terang Hamdani.

Ia pun menambahkan pihaknya juga telah melakukan pembersihan sampah-sampah plastik dan kayu yang tersangkut di saluran air. Untuk memastikan kondisi saluran tidak tersumbat dan mengalir dengan normal.

Selanjutnya, dalam proses penangganan di lokasi kejadian pasukan orang dilengkapi dengan perkakas sekrup dan cangkut serta mobil pengangkut sampah untuk memudahkan pembersihan sampah-sampah di dalam saluran air tersebut.

Kepala Bidang Kebersihan, Hermansyah, SE.,M.Si, menghimbau kepada seluruh masyarakat kota tidak membuang sampah sembarangan. Dan tidak menjadikan saluran air sebagai wadah pembuangan sampah yang dapat mengakibatkan saluran tersumbat.

“Kita himbau kepada seluruh warga kota untuk tidak membuang sampah sembarangan ya, apalagi jika membuangnya ke dalam saluran air. Hal ini sangat fatal, karena selain dapat mengganggu kebersihan, ianya juga dapat membuat saluran air itu tersumbat dan mengakibatkan banjir atau genangan air ya.” Terang Herman kepada tim liputan.

Terakhir, pihaknya mengajak seluruh masyarakat untuk selalu berpartisipasi dalam menjaga kebersihan dan keindahan lingkungan kota. Memastikan setiap sudut kota aman dan nyaman. Jika mendapati kondisi kebersihan serta keindahan yang terganggu dapat menghubungi Call & Center WhatsApp Center di 0811-6788-444 atau layangkan laporannya ke media sosial official DLHK3 Banda Aceh. [U].

Hits: 31